Sukses

Perusahaan Mainan Jepang Ciptakan Rubik Terkecil di Dunia, Tapi Harganya Rp83 Juta

Rubik terkecil di dunia ini berukuran hanya 0,19 inci per sisi dan beratnya hanya 0,33 gram. Dibanderol dengan harga Rp83 juta.

Liputan6.com, Tokyo - Perusahaan pembuat mainan asal Jepang bernama MegaHouse baru-baru ini meluncurkan Rubik's Cube terkecil di dunia.

Mainan kubus aluminium berukuran hanya 0,19 inci per sisi dan beratnya hanya 0,33 gram. Tetapi dibanderol dengan harga USD 5.320 atau setara Rp83 juta.

Untuk merayakan ulang tahun ke-50 Rubik's Cube asli yang diciptakan oleh pemahat Hungaria, Erno Rubik, pembuat mainan asal Jepang, MegaHouse, berupaya menciptakan Rubik's Cube terkecil di dunia, dikutip dari Oddity Central, Rabu (9/10/2024).

Perusahaan tersebut mencetuskan ide untuk proyek tersebut sekitar empat tahun lalu dan mulai mengerjakannya pada tahun 2022.

Meskipun membuat persegi logam dengan lebar hanya 0,5 cm tampaknya tidak terlalu sulit di zaman sekarang, membuat rubik yang fungsional dengan sisi yang berputar merupakan tantangan besar.

MegaHouse harus bekerja sama dengan perusahaan pemotong presisi untuk memastikan bahwa semua bagian kecil berfungsi sebagaimana mestinya.

"Kubus Rubik berukuran 5 milimeter merupakan hasil dari gabungan tiga mesin, alat pemotong, dan hasrat pemain," kata Kiyokazu Saito, presiden Iriso Precision.

 

2 dari 2 halaman

Ukuran yang Sangat Kecil

Dengan berat hanya 0,33 gram, kubus rubik terkecil di dunia ini berukuran sekitar seperseribu dari ukuran aslinya, tetapi harganya ratusan kali lebih mahal.

Baru saja diperkenalkan beberapa hari lalu di situs web MegaHouse, keajaiban teknik ini telah tersedia untuk dipesan di muka dengan harga yang sangat tinggi, yaitu 777.777 yen (USD 5.320) dengan pesanan pertama diharapkan akan dikirim pada bulan April tahun depan.

Dengan banderol harga yang sangat tinggi, rubik terkecil di dunia ini kemungkinan akan menjadi barang koleksi.

Kreasi MegaHouse ini dianugerahi Guinness Record untuk rubik terkecil di dunia pada Agustus 2024.