Sukses

Cerita Rumah Sakit Anak di Philadelphia Berhasil Pisahkan Bayi Kembar Siam

Setelah hampir setahun menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Anak Philadelphia, anak kembar siam Amari dan Javar Ruffin akhirnya berhasil dipisahkan oleh tim medis.

Liputan6.com, Philadelphia - Setelah hampir satu tahun menjalani perawatan medis intensif, Amari dan Javar Ruffin, bayi kembar siam yang dirawat di Rumah Sakit Anak Philadelphia (CHOP), akhirnya berhasil dipisahkan oleh tim dokter bedah.

Kedua bayi ini, yang tinggal bersama keluarga mereka di Philadelphia, terlahir dengan kondisi dempet pada bagian bawah tulang dada, diafragma, dinding perut, dan hati.

Setelah melalui perjalanan medis yang panjang, mereka kini telah kembali ke rumah bersama keluarga mereka.

Sebelum lahir, Amari dan Javar telah didiagnosis sebagai kembar siam, dikutip dari laman VOA Indonesia, Minggu (13/9/2024).

Mereka dipantau secara ketat selama 10 bulan di rumah sakit sebagai persiapan untuk operasi pemisahan. Prosedur ini melibatkan lebih dari dua lusin spesialis, termasuk dokter bedah, ahli anestesi, ahli radiologi, dan perawat, yang bekerja selama delapan jam untuk memisahkan kedua bayi tersebut.

Setelah berhasil dipisahkan, perut masing-masing bayi ditutup dan dibentuk ulang menggunakan berlapis-lapis jaring serta teknik bedah plastik untuk memastikan stabilitas.

 

2 dari 2 halaman

Kondisi Bayi Kembar Siam

Kembar siam merupakan kondisi langka, terjadi pada sekitar satu dari setiap 35.000 hingga 80.000 kelahiran. CHOP adalah salah satu dari sedikit rumah sakit di Amerika Serikat yang memiliki keahlian dalam melakukan pemisahan kembar siam.

Sejak tahun 1957, CHOP telah melakukan 32 operasi pemisahan kembar siam, menjadikannya rumah sakit dengan jumlah operasi terbanyak di Amerika Utara.

Amari dan Javar lahir sebagai kembar omphalopagus, yang berarti mereka saling berhadapan dan menyatu di dinding perut bagian depan.

 

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence