Sukses

Penembakan Politikus Senior India Baba Siddique, 2 Tersangka Antek Geng Kejam Ditangkap

Penembakan itu terjadi hanya beberapa minggu setelah pengamanan Baba Siddique ditingkatkan akibat menerima ancaman pembunuhan, dan menjelang pemilihan umum India yang dijadwalkan akhir tahun ini.

Liputan6.com, Mumbai - Seorang politikus senior di ibu kota keuangan India, Mumbai, ditembak mati pada hari Sabtu (12 Oktober 2024). Ia ditembak beberapa minggu menjelang pemilihan umum negara bagian yang penting.

Sementara itu, polisi setempat kabarnya tengah menyelidiki peran geng kriminal yang terkenal kejam.

Baba Siddique seorang anggota parlemen lokal dan mantan menteri di negara bagian Maharashtra, ditembak beberapa kali di dada di luar kantor putranya di Mumbai, media India melaporkan seperti dikutip dari AFP, Minggu (13/10/2024).

Wakil kepala menteri Maharashtra Ajit Pawar, dari partai yang sama dengan Siddique, mengatakan dia "terkejut" oleh "serangan pengecut" terhadap pria 66 tahun itu.

Surat kabar Hindustan Times melaporkan bahwa dua tersangka penyerang telah ditangkap, dan polisi sedang mencari tersangka penembakan yang lain.

Outlet berita NDTV mengatakan kedua tersangka mengklaim bahwa mereka adalah bagian dari geng yang dipimpin oleh Lawrence Bishnoi, yang dipenjara karena dituduh memimpin geng kriminal yang telah melakukan banyak pembunuhan.

Penembakan itu terjadi hanya beberapa minggu setelah pengamanan Siddique ditingkatkan akibat menerima ancaman pembunuhan, dan menjelang pemilihan umum yang dijadwalkan akhir tahun ini.

"Insiden itu akan diselidiki secara menyeluruh dan tindakan tegas akan diambil terhadap para penyerang," kata Pawar dalam sebuah pernyataan. "Dalang di balik serangan itu juga akan dilacak."

Adapun Baba Siddique diketahui sebagai sosok dekat dengan beberapa bintang Bollywood dan dikenal suka mengadakan pesta besar.

Â