Sukses

Korban Tewas Akibat Badai Milton Jadi 16 Orang, 2 Juta Rumah Tangga di AS Terputus Aliran Listrik

Dalam pengarahan Gedung Putih, Presiden AS Joe Biden mengatakan para ahli memperkirakan biaya kerusakan akibat Badai Milton mencapai $50 miliar atau sekitar Rp778 triliun.

Liputan6.com, Florida - Jumlah korban tewas akibat Badai Milton telah meningkat menjadi sedikitnya 16 orang, kata pejabat di Florida pada hari Jumat (12/10) waktu setempat, dan jutaan orang masih tanpa listrik saat penduduk memulai proses yang menyakitkan untuk menata kembali kehidupan mereka.

Sementara itu, lebih dari dua juta rumah tangga dan bisnis masih tanpa listrik, kata pihak berwenang, dan beberapa daerah di jalur badai dahsyat Milton itu melalui negara bagian itu masih terendam banjir.

"Ada tempat-tempat di mana air terus naik," Gubernur Ron DeSantis memperingatkan pada hari Jumat (11/10). Namun meskipun badai itu "signifikan," katanya, "untungnya ini bukan skenario terburuk."

Dalam pengarahan Gedung Putih, Presiden AS Joe Biden mengatakan para ahli memperkirakan biaya kerusakan akibat Badai Milton mencapai $50 miliar atau sekitar Rp778  triliun.

Tanggapan pemerintah federal terhadap badai besar itu -- dan terhadap Badai Helene, yang menghancurkan sebagian wilayah tenggara AS hanya dua minggu sebelumnya -- telah mengambil pendekatan yang semakin politis, dan Joe Biden mengatakan dia akan mengunjungi Florida pada hari Minggu (12/10).

Di tengah pertanyaan mengenai apakah respons federal didanai secara memadai, presiden meminta Kongres untuk "meningkatkan" upayanya, khususnya untuk menopang usaha kecil yang terdampak parah. Badan yang memberikan pinjaman kepada mereka dan keluarga mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka kewalahan oleh bencana ini dan bencana lainnya dan kehabisan uang.

Mantan presiden Donald Trump secara keliru mengklaim bahwa pemerintahan Biden-Harris telah mengalihkan dana respons badai untuk merawat para migran, yang memicu penolakan bahkan dari beberapa pejabat Republik.

Ketika ditanya apakah Trump secara khusus harus disalahkan atas pusaran misinformasi yang berbahaya, Biden menjawab, "Tidak... tetapi dia yang paling banyak bicara."

 

 

2 dari 3 halaman

Jejak Terjangan Badai Milton

Di Siesta Key, pulau penghalang yang indah di dekat Sarasota tempat badai menerjang daratan, Milton meninggalkan pemandangan yang gersang.

Beberapa jalan masih tergenang pada hari Jumat (11/10). Pohon tumbang dan puing-puing -- sofa, tempat tidur, kursi, dan peralatan, sebagian besar ditinggalkan oleh Helene -- berserakan sembarangan di pinggir jalan.

"Ini mengerikan," kata John Maloney, 61, yang memiliki perusahaan renovasi rumah, saat ia menyingkirkan dahan pohon dari rumah di tepi pantai yang sedang ia kerjakan.

"Namun, saya rasa kami akan membangunnya kembali."

Tornado, bukan banjir, menjadi penyebab banyaknya korban tewas akibat badai tersebut. Setidaknya enam orang tewas di St. Lucie County, empat di Volusia County, dua di Pinellas County, dan masing-masing satu di Hillsborough, Polk, Orange, dan Citrus, kata pihak berwenang.

Badai tersebut merobohkan kabel listrik, merusak atap stadion bisbol Tampa, dan membanjiri rumah-rumah. Di Sarasota, sekitar 100 kendaraan mengantre untuk mendapatkan bahan bakar di salah satu dari sedikit stasiun pengisian bahan bakar yang masih menjualnya. Orang-orang lainnya mengantre dengan sabar sambil berjalan kaki sambil membawa jerigen. "Kami mendapat kabar bahwa mereka mendapatkan bahan bakar di sini, jadi kami di sini dan begitu pula semua orang hari ini," kata warga Dave Stone. - Peringatan tornado yang memecahkan rekor -

3 dari 3 halaman

Perubahan Iklim Picu Badai Milton Berubah

Small Business Administration, sebuah badan pemerintah yang meminjamkan uang kepada masyarakat dan bisnis yang terkena bencana, mengatakan bahwa mereka sekarang mendukung masyarakat yang terkena dampak 36 bencana tersebut dan kehabisan uang, kata administratornya Isabel Casillas kepada CNN.

"Ini hanya masalah beberapa hari," kata Casillas.

Di sisi lain, National Weather Service mengeluarkan peringatan tornado sebanyak 126 kali di seluruh negara bagian pada hari Rabu, kata pakar badai Michael Lowry.

Operasi pencarian masih berlangsung pada hari Jumat (11/10) -- DeSantis mengatakan 1.600 orang telah diselamatkan -- dan Coast Guard melaporkan penyelamatan spektakuler seorang kapten kapal yang berhasil selamat dari badai, 30 mil (48 kilometer) dari pantai, sambil berpegangan pada pendingin di Teluk Meksiko.

Para ahli mengatakan pada hari Jumat (11/10) bahwa perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia membuat Badai Milton lebih basah dan berangin.

Apa yang seharusnya menjadi badai Kategori 2, menurut kelompok ilmuwan iklim World Weather Attribution dalam sebuah laporan, malah berkembang menjadi Kategori 3 yang lebih merusak, pada skala lima poin.

Video Terkini