Sukses

Presiden China Xi Jinping Apresiasi Jokowi dan Sampaikan Harapan untuk Pemerintahan Baru

Lewat telepon, Presiden China Xi Jinping menyampaikan sejumlah hal salah satunya adalah apresiasi terhadap pemimpin Indonesia Joko Widodo (Jokowi) yang akan mengakhiri masa jabatannya dalam hitungan hari.

Liputan6.com, Beijing - Presiden China Xi Jinping pada hari Senin (14/10/2024) mengatakan berbicara via telepon dengan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Dalam kesempatan tersebut, ia menyampaikan sejumlah hal salah satunya adalah apresiasi terhadap pemimpin RI yang akan mengakhiri masa jabatannya dalam hitungan hari.

"China sangat menghargai kontribusi penting Widodo terhadap persahabatan China-Indonesia," kata Xi seperti dikutip dari Xinhua dan CGTN, Selasa (15/10/2024).

Selama percakapan telepon dengan Presiden Jokowi, Xi menyebut Jokowi telah membuka banyak babak baru kerja sama antara kedua negara.

"Selama 10 tahun menjabat sebagai presiden Indonesia, Widodo telah mengunjungi Tiongkok sebanyak delapan kali dan bertemu dengan Xi sebanyak 12 kali, yang membuat kedua negara membuka babak baru dalam membangun bersama komunitas dengan masa depan bersama, serta membangun pola baru kerja sama strategis menyeluruh," tutur Presiden China itu.

Presiden Xi Jinping kemudian menyebut bahwa China bersedia bekerja sama dengan Indonesia untuk bersama-sama mempromosikan kerja sama Belt and Road cooperation yang bermutu tinggi, memastikan pengoperasian Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang berkelanjutan, dan menciptakan lebih banyak hal penting dalam kerja sama untuk memberi manfaat yang lebih baik bagi masyarakat kedua negara.

 

 

 

2 dari 3 halaman

Harapan China di Bawah Pemerintahan Baru Presiden Prabowo Subianto

Dalam percakapan telepon dengan Jokowi, Presiden China Xi Jinping juga disebut menyampaikan keyakinannya bahwa pemerintahan Indonesia yang baru di bawah Presiden Prabowo Subianto akan melanjutkan kebijakannya yang bersahabat terhadap China dan mendorong pembangunan komunitas China-Indonesia dengan masa depan bersama ke tingkat yang lebih tinggi.

Selain itu, mencatat bahwa tahun depan menandai peringatan 70 tahun Konferensi Bandung, Xi Jinping mengatakan China siap bekerja sama dengan Indonesia untuk meneruskan Lima Prinsip Hidup Berdampingan Secara Damai dan Semangat Bandung, memperkuat solidaritas dan kerja sama di antara negara-negara di belahan Bumi selatan, menjaga kepentingan bersama negara-negara berkembang, dan mendorong pembangunan, kemakmuran, dan stabilitas regional dan global.

 

3 dari 3 halaman

Begini Respons dan Terima Kasih Jokowi untuk China

Sementara itu, laporan Xinhua News Agency menyebut Jokowi mengatakan bahwa selama dekade terakhir, ia telah menjalin persahabatan yang mendalam dengan Presiden Xi, yang menghasilkan pencapaian signifikan dalam kemitraan strategis yang komprehensif dan kerja sama yang saling menguntungkan antara kedua negara di berbagai bidang.

Jokowi disebut menyampaikan rasa terima kasih kepada China atas kontribusinya terhadap pembangunan ekonomi Indonesia, dengan mencatat bahwa Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah menjadi model kerja sama Belt and Road cooperation antara kedua belah pihak.

Jokowi juga disebut telah menyatakan keyakinannya bahwa hubungan Indonesia-Tiongkok akan melanjutkan momentum pertumbuhannya yang kuat di bawah kepemimpinan pemerintahan baru Indonesia.

Video Terkini