Sukses

Pria India Mengeluh Sakit Perut, Ternyata Ada Kecoak Hidup di Usus

Pria tersebut mengeluh merasa sakit perut dan kembung.

Liputan6.com, New Delhi - Sebuah kasus medis tak biasa terjadi di New Delhi, India.

Seorang dokter di rumah sakit Fortis itu terkejut ketika menemukan kecoak hidup sepanjang 3 cm di usus halus pasiennya yang mengeluh sakit perut dan mengalami gangguan pencernaan.

Dilansir Oddity Central, Kamis (17/10/2024), pasien itu dilaporkan mengeluh sakit perut dan merasa kesulitan mencerna makanan sehingga perutnya kembung.

Dia mengaku mengonsumsi makanan kaki lima di pasar malam beberapa hari sebelumnya dan menduga itu penyebab masalah kesehatannya.

Dokter memutuskan untuk melakukan endoskopi terhadapnya, sebuah prosedur yang memeriksa bagian atas saluran gastrointestinal, untuk menemukan penyebab gejala yang dialami pria itu.

"Selama dua tiga hari terakhir, pasien menderita gangguan pencernaan dan kembung setelah makan. Saat pemeriksaan rutin, kami tidak sengaja melihat kecoak itu," kata dokter Shubham Vatsya kepada surat kabar Indian Express.

"Kami pun terkejut bagaimana kecoak itu bisa tetap utuh," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Akhirnya Berhasil Dikeluarkan

Tim medis pun memutuskan mengeluarkannya menggunakan endoskopi dengan dua saluran, satu untuk memasukkan udara dan air, dan satu lagi untuk menyedot udara.

"Kami mengaktifkan tombol sedot pada endoskopi, yang secara efektif menyedot kecoak ke dalam saluran sedot, sehingga kecoak itu dikeluarkan dari tubuh dan menyelamatkan nyawa pria itu," kata Dr. Vatsya menjelaskan.

Ia menambahkan bahwa jika serangga itu terlambat dikeluarkan akan mungkin dapat menyebabkan komplikasi serius, termasuk penyakit menular.

Mengenai bagaimana kecoak hidup itu berakhir di usus pria itu, ahli gastroenterologi India berspekulasi bahwa kecoak itu bisa saja merangkak ke tenggorokannya saat dia tidur, atau pria itu secara tidak sengaja menelannya saat mengunjungi pasar malam.

Meskipun aneh, kasus tak biasa ini bukan yang pertama kali terjadi.

Sebelumnya, ada kasus seorang pria Tiongkok yang tidak sengaja menelan seekor kecoak dan mengeluh bau mulut selama tiga hari.

Video Terkini