Sukses

Mengapa Ketegangan di Semenanjung Korea Meningkat, Bakal Perang?

Apakah kedua Korea, Utara dan Selatan sedang menuju perang?

Liputan6.com, Seoul - Semenanjung Korea kian memanas. Baru-baru ini Utara menuduh Selatan menerbangkan drone atau pesawat nirawak ke ibu kotanya, Seoul. Hal itu meningkatkan ketegangan yang telah membara selama berbulan-bulan.

Laporan BBC yang dikutip Kamis (17/10/2024), drone tersebut diduga menyebarkan selebaran propaganda di Pyongyang dalam apa yang digambarkan Korea Utara sebagai provokasi yang dapat menyebabkan "konflik bersenjata dan bahkan perang".

Pada Jumat 11 Oktober, Kementerian Luar Negeri Korea Utara menuduh Korea Selatan mengirim pesawat nirawak ke Pyongyang saat malam hari selama dua minggu. Dikatakan bahwa selebaran yang disebarkan oleh pesawat nirawak tersebut berisi "rumor yang menghasut dan sampah".

Setelah melontarkan tuduhan ini ke Korea Selatan pada hari Jumat (11/0), Pyongyang mengatakan telah memerintahkan pasukan perbatasan untuk bersiap menembak. Korea Selatan pada gilirannya mengatakan siap untuk menanggapi, dan memperingatkan bahwa jika keselamatan warganya terancam, itu akan menandakan "berakhirnya rezim Korea Utara."

Kemudian, pada hari Selasa (15/10), Korea Utara meledakkan beberapa ruas jalan yang menghubungkannya dengan Korea Selatan, memenuhi ancaman sebelumnya. Keesokan harinya, negara itu mengklaim bahwa 1,4 juta pemuda Korea Utara telah mendaftar untuk bergabung atau kembali ke militer.

Ketegangan ini merupakan yang terbaru dalam serangkaian serangan antara kedua Korea, yang telah menyebabkan ketegangan meningkat ke titik tertingginya dalam beberapa tahun terakhir sejak pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyatakan pada bulan Januari bahwa Korea Selatan adalah musuh nomor satu rezimnya.

Di sisi lain, saudari Kim yang berpengaruh, Kim Yo Jong, memperingatkan Seoul tentang "akibat yang mengerikan" jika dugaan penerbangan pesawat nirawak itu terjadi lagi. Dia kemudian mengatakan ada "bukti yang jelas" bahwa "gangster militer" dari Korea Selatan berada di balik dugaan provokasi tersebut.

Korea Utara juga telah merilis gambar buram dari apa yang dikatakannya sebagai pesawat nirawak yang terbang di langit, serta gambar yang diduga menunjukkan selebaran tersebut, tetapi tidak ada cara untuk memverifikasi klaim mereka secara independen.

Sementara Korea Selatan awalnya membantah menerbangkan pesawat nirawak ke Korea Utara, Kepala Staf Gabungan kemudian mengatakan bahwa mereka tidak dapat mengonfirmasi atau membantah tuduhan Pyongyang.

Muncul spekulasi lokal bahwa pesawat nirawak tersebut diterbangkan oleh para aktivis, yang telah mengirim bahan yang sama ke Korea Utara menggunakan balon.

Park Sang-hak, pemimpin Koalisi Gerakan Korea Utara Merdeka, membantah klaim Korea Utara tentang serangan pesawat nirawak tersebut, dengan menyatakan, "Kami tidak mengirim pesawat nirawak ke Korea Utara".

Pada hari Senin, Kim bertemu dengan kepala angkatan darat, kepala militer, menteri keamanan dan pertahanan negara, dan pejabat tinggi, kata kantor berita resmi Korea Utara KCNA.

Di sana, Kim menetapkan "arahan aksi militer langsung" dan menugaskan pejabat dengan "operasi pencegah perang dan pelaksanaan hak untuk membela diri".

Pejabat hubungan masyarakat Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, Lee Sung-joon, mengatakan Korea Utara dapat melakukan "provokasi skala kecil" seperti ledakan kecil di jalan yang menghubungkan kedua Korea.

Kemudian terjadi ledakan di jalan simbolis Gyeongui dan Donghae.

Menurut para analis, meskipun kedua jalan tersebut telah lama ditutup, penghancuran jalan tersebut mengirimkan pesan bahwa Kim tidak ingin berunding dengan Korea Selatan.

Setelah ledakan tersebut, militer Korea Selatan mengatakan telah menembakkan senjata di sisi perbatasannya sebagai unjuk kekuatan, dan telah meningkatkan pengawasan terhadap Korea Utara.

Beberapa jam kemudian, pemerintah Provinsi Gyeonggi, yang mengelilingi Seoul, menetapkan 11 wilayah perbatasan antar-Korea sebagai "zona bahaya" dalam upaya untuk menghentikan orang-orang mengirim selebaran propaganda anti-Korea melintasi perbatasan.

"Provinsi Gyeonggi telah menetapkan bahwa tindakan menyebarkan selebaran ke Korea Utara adalah tindakan yang sangat berbahaya yang dapat memicu konflik militer," kata Kim Sung-joong, wakil gubernur Provinsi Gyeonggi, dalam jumpa pers.

Penyebaran selebaran tersebut dapat mengancam "nyawa dan keselamatan penduduk kami", Kim menambahkan, karena "hubungan antar-Korea memburuk dengan cepat".

2 dari 4 halaman

Apa yang Ditunjukkan oleh Konflik Kedua Korea Ini?

Analis mengatakan insiden pesawat nirawak tersebut menunjukkan bahwa Korea Utara tengah meningkatkan dukungan internal, dengan membuatnya tampak seolah-olah ancaman terhadap negara tersebut meningkat.

Menggunakan istilah seperti "negara terpisah" untuk merujuk ke Korea Selatan, dan menghilangkan kata-kata seperti "rekan senegara" dan "penyatuan", merupakan bagian dari strategi ini, kata Profesor Kang Dong-wan, yang mengajar ilmu politik dan diplomasi di Universitas Dong-a di Busan.

"Rezim Korea Utara mengandalkan politik rasa takut dan membutuhkan musuh eksternal," kata Profesor Kang. "Setiap kali ketegangan meningkat, Korea Utara menekankan ancaman eksternal untuk meningkatkan kesetiaan kepada rezim tersebut."

Analis mengatakan aksi saling balas antara kedua Korea menunjukkan bagaimana mereka terkunci dalam "permainan adu domba", dengan kedua belah pihak tidak mau mengalah terlebih dahulu.

"Tidak ada pihak yang bersedia membuat konsesi pada titik ini," kata Profesor Kim Dong-yup dari Universitas Studi Korea Utara di Seoul.

Karena adanya rasa saling tidak percaya, Seoul "perlu mempertimbangkan secara strategis cara mengelola krisis", tambah Prof Kim.

 

3 dari 4 halaman

Apakah Kedua Korea Sedang Menuju Perang?

Tidak untuk saat ini, kata para analis.

"Saya ragu situasi akan meningkat ke tingkat perang. Korea Utara mengeksploitasi konfrontasi militer untuk memperkuat kohesi internal," kata Prof Kang.

"Saya mempertanyakan kemampuan Korea Utara untuk memulai perang skala penuh. Rezim tersebut sangat menyadari konsekuensi berat yang akan ditimbulkan oleh konflik semacam itu," kata Prof Kim.

Pertengkaran terbaru atas dugaan penerbangan pesawat tanpa awak kemungkinan besar akan tetap menjadi "pertengkaran verbal", kata Prof Nam Sung-wook, yang mengajar studi Korea Utara di Universitas Korea di Seoul.

Karena Seoul dan Pyongyang tahu bahwa mereka tidak dapat menanggung biaya perang besar-besaran, kata Prof Nam, "kemungkinan untuk benar-benar menggunakan senjata nuklir rendah".

 

4 dari 4 halaman

Bagaimana Situasi dan Kondisi Kedua Korea?

Menurut laporan BBC, kedua Korea secara teknis masih berperang karena mereka tidak menandatangani perjanjian damai ketika Perang Korea berakhir pada tahun 1953.

Bersatu kembali dengan Korea Selatan selalu menjadi bagian penting, meskipun semakin tidak realistis, dari ideologi Korea Utara sejak berdirinya negara tersebut - hingga Kim Jong Un membatalkan penyatuan kembali dengan Korea Selatan pada bulan Januari.

Kim Jong Un telah membawa Korea Utara lebih dekat ke Rusia di bawah Vladimir Putin, membuatnya berselisih dengan AS dan Barat, yang merupakan sekutu utama Korea Selatan.

Yang juga penting adalah hubungan jangka panjang Korea Utara dengan Tiongkok, yang bisa dibilang sekutu terpentingnya. Setelah insiden pesawat nirawak tersebut, seorang juru bicara dari kementerian luar negeri Tiongkok pada hari Selasa meminta semua pihak "untuk menghindari eskalasi konflik lebih lanjut" di semenanjung tersebut.

Adapun ketegangan di semenanjung Korea meningkat saat kampanye kepresidenan AS memasuki tahap akhir.

Video Terkini