Sukses

Israel Sebut Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Kemungkinan Tewas

Yahya Sinwar merupakan pemimpin Hamas usai Ismail Haniyeh dinyatakan tewas di Teheran.

Liputan6.com, Gaza - Militer Israel mengungkapkan pada Kamis (17/10/2024) bahwa pihaknya tengah menyelidiki kemungkinan kematian pemimpin Hamas Yahya Sinwar akibat serangan yang dilancarkannya di Gaza.

Dilansir NBC News, Kamis (17/10), dalang dari serangan 7 Oktober 2023 oleh Hamas itu baru menjabat sejak bulan Agustus setelah pembunuhan Ismail Haniyeh.

Jika Sinwar terbukti tewas akibat serangan Israel, ini akan menjadi kudeta besar bagi Israel dan perangnya terhadap wilayah kantong Palestina.

Dalam pernyataan bersama, Pasukan Pertahanan Israel dan Badan Keamanan Israel, atau Shin Bet, mengatakan, sedikitnya tiga militan tewas di sebuah gedung selama operasi di Gaza. Mereka tidak menjelaskan lebih lanjut tentang bagaimana mereka terbunuh, tetapi mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki apakah salah satu dari ketiganya adalah Sinwar.

"Pasukan yang beroperasi di area itu terus beroperasi dengan kehati-hatian yang diperlukan," bunyi pernyataan itu, dengan mengatakan rincian lebih lanjut akan menyusul.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant menulis di akun X-nya, "Kamu akan mengejar musuh-musuhmu dan mereka akan jatuh di hadapanmu oleh pedang.' — Imamat 26. Musuh-musuh kita tidak dapat bersembunyi. Kita akan mengejar dan melenyapkan mereka."

Militer Israel atau Israel Defense Force (IDF) telah bersumpah untuk menangkap Sinwar dalam kondisi hidup atau mati.

Juru bicara Keamanan Nasional John Kirby mengatakan AS mengetahui laporan kemungkinan kematian Sinwar, namun mengatakan pejabat pemerintah belum mengonfirmasi laporan tersebut secara independen.

2 dari 3 halaman

Bertanggung Jawab di Gaza

Sinwar telah bertanggung jawab atas pemerintahan di Gaza sebelum 7 Oktober 2023 dan diangkat sebagai kepala politik baru Hamas setelah Haniyeh tewas dalam serangan udara di kediamannya di Teheran.

Haniyeh telah menghadiri upacara pelantikan Presiden Iran Masoud Pezeshkian. Israel, yang biasanya bungkam tentang pembunuhan yang ditargetkan, diyakini telah melakukan serangan itu.

Pejabat Israel mengecam keputusan kelompok militan yang didukung Iran untuk mengangkat Sinwar sebagai pemimpin politiknya, dengan Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz menyebut Sinwar sebagai "pembunuh ulung" dan mengatakan pengangkatannya adalah "alasan lain untuk segera melenyapkannya dan menghapus memori organisasi ini dari muka bumi."

"Hanya ada satu tempat yang disediakan untuk Yahya Sinwar, yaitu di samping Mohammed Al-Deif, Marwan Issa, dan anggota ISIS Hamas lainnya yang bertanggung jawab atas pembantaian 7 Oktober yang telah kami bunuh," kata juru bicara IDF Avichay Adraee saat itu dalam sebuah posting di X.

 

3 dari 3 halaman

Lahir di Kamp Pengungsi Gaza

Sinwar, yang lahir di kamp pengungsi Gaza pada awal 1960-an, bergabung dengan Hamas setelah didirikan pada 1987 dan membantu membentuk pasukan keamanan internalnya setahun kemudian. Demikian menurut profilnya oleh lembaga pemikir Dewan Eropa untuk Hubungan Luar Negeri.

Ia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup pada 1988 karena berencana membunuh dua tentara Israel, serta membunuh empat warga Palestina yang ia curigai bekerja sama dengan Israel.

Ia dibebaskan beberapa tahun kemudian pada tahun 2011 sebagai salah satu dari lebih dari 1.000 tahanan Palestina yang dibebaskan sebagai ganti Gilad Shalit, seorang tentara Israel yang telah ditahan oleh Hamas selama lebih dari lima tahun.

Video Terkini