Sukses

21 Oktober 2013: Penembakan Brutal Siswa SMP di Nevada AS Tewaskan Seorang Guru

Kejadian penembakan di Sparks Middle School (setingkat SMP), Nevada, AS dilaporkan turut melukai dua siswa lainnya.

Liputan6.com, Nevada - Hari ini, tepat 11 tahun yang lalu, seorang siswa sekolah menengah di Nevada, Amerika Serikat (AS), melakukan aksi penembakan brutal di sekolahnya, Sparks Middle School (setingkat SMP).

Diketahui, pistol itu milik orang tua pelajar SMP tersebut.

Kejadian tragis yang berlangsung di Sparks Middle School itu melukai dua orang siswa lainnya dan menewaskan seorang guru yang sempat mencoba mencegahnya.

Dilansir CNN, kepala polisi Distrik Sekolah Washoe County Mike Mieras mengatakan salah satu siswa dilaporkan mengalami luka di bagian perut dan yang lainnya di bagian bahu. Keduanya kemudian diketahui berada dalam kondisi stabil.

Wakil Kepala Sekolah Tom Miller mengatakan siswa itu akhirnya menembak dirinya sendiri dan tewas.

Pejabat kota mengatakan pihak berwenang menerima panggilan darurat dari siswa dan staf di sekolah sekitar pukul 7.15 pagi tentang kejadian penembakan itu.

Pihak berwenang mengatakan bahwa petugas tanggap darurat berada di sekolah hanya tiga menit setelah panggilan darurat 911 pertama.

"Saya pikir kami sudah siap. Semua orang merespons dengan tepat. Saya pikir petugas tanggap darurat kami melakukan pekerjaan yang luar biasa, tetapi ini adalah hari yang menyedihkan bagi kota Sparks," kata Wali Kota Sparks Geno Martini.

Pasca kejadian penembakan di AS tersebut, kegiatan di sekolah itu dihentikan selama sepekan.

 

2 dari 3 halaman

Identifikasi Korban Tewas

Mike Landsberry, merupakan guru matematika yang tewas akibat kejadian itu.

Selain pekerjaannya sebagai guru, Landsberry juga pernah bertugas di Marinir dan bertugas beberapa kali di Afghanistan sebagai anggota Garda Nasional Udara Nevada.

"Ia adalah tipe orang yang jika seseorang membutuhkan bantuan, ia akan ada di sana," kata Reggie Landsberry.

"Ia senang mengajar, mencintai anak-anak, senang melatih mereka. Ia adalah orang yang baik."

 

3 dari 3 halaman

Rangkaian Kasus Penembakan

Penembakan itu merupakan salah satu dari beberapa insiden serupa di sekolah menengah di AS. Sepekan sebelumnya, seorang siswa di sekolah menengah atas di Austin, Texas, bunuh diri di depan siswa lain.

Sementara dua bulan sebelumnya pada Agustus, seorang siswa di sekolah menengah atas di Winston-Salem, Carolina Utara, menembak dan melukai siswa lain di leher.

Penembakan yang terjadi di Nevada juga terjadi hampir setahun setelah seorang pria bersenjata menewaskan 26 orang di Sekolah Dasar Sandy Hook di Newtown, Connecticut, yang memicu perdebatan nasional mengenai kekerasan senjata dan keselamatan sekolah.