Sukses

Rusia Gencar Pamer Senjata Pemusnah Massal, Upaya Halangi Barat Tingkatkan Dukungan ke Ukraina?

Serangkaian manuver dilakukan Putin dalam waktu yang hampir berdekatan.

Liputan6.com, Moskow - Tahun ini, Presiden Vladimir Putin berulang kali mengacungkan pedang nuklir, mengingatkan semua orang bahwa Rusia memiliki persenjataan atom terbesar di dunia.

Dia memerintahkan militernya untuk mengadakan latihan yang melibatkan senjata nuklir di medan perang dengan sekutu Belarus. Dia mengumumkan Rusia akan mulai memproduksi rudal jarak menengah berbasis darat yang dilarang oleh perjanjian Amerika Serikat (AS)- Uni Soviet tahun 1987, namun sekarang sudah tidak berlaku lagi.

Dan bulan lalu, dia menurunkan ambang batas untuk melepaskan persenjataannya dengan merevisi doktrin nuklir Rusia.

Putin mengandalkan ribuan hulu ledak dan ratusan rudal tersebut sebagai mesin kiamat yang sangat besar untuk mengimbangi keunggulan besar NATO dalam senjata konvensional guna mencegah apa yang dia lihat sebagai ancaman terhadap kedaulatan dan integritas teritorial Rusia.

Berikut sekilas tentang persenjataan nuklir Rusia dan berbagai isu yang menyertainya seperti dilansir AP, Minggu (20/10/2024):

Senjata strategis Rusia

Federasi Ilmuwan Amerika memperkirakan tahun ini bahwa Rusia memiliki inventaris sebanyak 5.580 hulu ledak nuklir yang dikerahkan dan yang belum dikerahkan, sementara AS memiliki 5.044. Secara keseluruhan, jumlah tersebut sekitar 88 persen dari senjata nuklir dunia.

Sebagian besar adalah senjata strategis atau senjata jarak antarbenua. Seperti AS, Rusia memiliki tiga serangkai nuklir yang terdiri dari rudal balistik antarbenua (ICBM) berbasis darat, pesawat pengebom jarak jauh, dan kapal selam bersenjata ICBM.

Sejak Putin berkuasa pada tahun 2000, Kremlin telah berupaya meningkatkan komponen tiga serangkai buatan Soviet tersebut, dengan mengerahkan ratusan rudal berbasis darat baru, menugaskan kapal selam nuklir baru, dan memodernisasi pesawat pengebom berkemampuan nuklir. Upaya Rusia untuk merombak kekuatan nuklirnya telah mendorong AS meluncurkan modernisasi persenjataannya yang mahal.

Rusia telah melengkapi kembali pasukan rudal strategis berbasis daratnya dengan ICBM Yars yang dapat dipindahkan dan baru-baru ini mulai mengerahkan ICBM Sarmat yang berat dan berbasis silo — yang disebut rudal "Satan II" di Barat — untuk secara bertahap menggantikan sekitar 40 rudal R-36M buatan Soviet. Sarmat hanya melakukan satu kali uji coba yang berhasil dan dilaporkan mengalami ledakan besar selama uji coba yang gagal bulan lalu.

Angkatan Laut Rusia menugaskan tujuh kapal selam bertenaga atom kelas Borei baru, masing-masing dengan 16 rudal berhulu ledak nuklir Bulava, dan berencana untuk membangun lima lagi. Kapal selam tersebut dimaksudkan untuk membentuk inti dari komponen triad angkatan laut bersama dengan beberapa kapal selam nuklir era Soviet yang masih beroperasi.

Sementara itu, Rusia masih bergantung pada pengebom strategis Tu-95 dan Tu-160 buatan Soviet yang membawa rudal jelajah berhulu ledak nuklir. Rusia telah memulai kembali produksi Tu-160 supersonik yang dihentikan setelah runtuhnya Soviet tahun 1991, yang bertujuan membangun beberapa lusin pesawat modern dengan mesin dan avionik baru.

2 dari 3 halaman

Senjata Nuklir Non-Strategis Rusia

AS memperkirakan bahwa Rusia memiliki antara 1.000 dan 2.000 senjata nuklir non-strategis atau taktis, yang ditujukan untuk digunakan di medan perang yang biasanya jauh lebih lemah daripada hulu ledak strategis yang mampu menghancurkan seluruh kota.

Rusia memiliki Rudal Iskander yang diluncurkan dari darat dengan presisi tinggi dengan jangkauan hingga 500 kilometer, yang dapat dilengkapi dengan hulu ledak konvensional atau nuklir.

Angkatan Udara Rusia memiliki armada jet tempur MiG-31 yang membawa rudal hipersonik Kinzhal, yang dapat dilengkapi dengan hulu ledak nuklir atau konvensional. Rusia telah banyak menggunakan versi konvensional Iskander dan Kinzhal terhadap Ukraina.

Sebagai bagian dari pesan nuklir Kremlin, Rusia dan sekutunya Belarus mengadakan latihan untuk melatih pasukan mereka dengan senjata nuklir di medan perang pada bulan Mei, tidak lama setelah Putin memulai masa jabatan kelimanya.

MAD dan Doktrin Nuklir Rusia

Rusia dan AS telah mengandalkan pencegahan nuklir selama beberapa dekade berdasarkan konsep saling menghancurkan — MAD singkatnya — berdasarkan asumsi bahwa pembalasan yang sangat besar akan membuat kedua belah pihak enggan melancarkan serangan.

Doktrin nuklir Rusia yang diadopsi pada tahun 2020 membayangkan penggunaan senjata pamungkas tersebut sebagai respons terhadap serangan nuklir atau serangan dengan senjata konvensional yang mengancam "keberadaan negara Rusia". Para petinggi Rusia mengkritik dokumen tersebut karena terlalu samar, mendesak Putin memperketatnya.

Bulan lalu, Putin memperingatkan AS dan sekutu NATO bahwa membiarkan Ukraina menggunakan senjata jarak jauh yang dipasok Barat untuk melakukan serangan jauh di dalam Rusia akan membuat NATO berperang dengan negaranya.

Putin memperkuat pesan tersebut dengan mengumumkan versi baru doktrin nuklir yang menganggap serangan konvensional terhadap Rusia oleh negara non-nuklir yang didukung oleh kekuatan nuklir sebagai serangan bersama terhadap negaranya — sebuah peringatan yang jelas bagi AS dan sekutu Ukraina lainnya.

Sang presiden menyatakan pula bahwa dokumen yang direvisi itu memperkirakan kemungkinan penggunaan senjata nuklir jika terjadi serangan udara besar-besaran, sehingga membuka kemungkinan adanya respons nuklir terhadap serangan udara apa pun — ambiguitas yang dimaksudkan untuk menghalangi Barat.

"Perubahan dalam doktrin menunjukkan bahwa Rusia menggandakan strateginya mengandalkan senjata nuklir untuk tujuan pemaksaan dalam perang di Ukraina," kata Direktur Project on Nuclear Issues CSIS Heather Williams.

 

3 dari 3 halaman

Masa Depan Pengendalian Senjata

Perjanjian pengurangan senjata AS-Rusia New START 2010, pakta pengendalian senjata terakhir yang tersisa antara Rusia dan AS yang berakhir pada tahun 2026, membatasi setiap negara untuk tidak lebih dari 1.550 hulu ledak nuklir yang dikerahkan dan 700 rudal dan pengebom yang dikerahkan.

Pada bulan Februari 2023, Putin menangguhkan partisipasi Rusia dalam New START, namun berjanji bahwa Rusia akan mematuhi batasannya.

Bulan Juli, Putin menyatakan Rusia akan meluncurkan produksi rudal jarak menengah berbasis darat yang dilarang berdasarkan Perjanjian INF Soviet AS yang sekarang sudah tidak berlaku lagi. Pakta tahun 1987 tersebut melarang rudal dengan jangkauan 500 hingga 5.500 kilometer. Dia menekankan Rusia akan menanggapi dengan cara yang sama terhadap rencana penempatan rudal jarak menengah AS ke Jerman, dengan mengambil langkah-langkah untuk "meniru" AS.

Bahkan, ketika ketegangan AS-Rusia melonjak ke titik tertinggi sejak Perang Dingin di tengah pertempuran di Ukraina, AS mendesak Rusia untuk melanjutkan dialog tentang pengendalian senjata nuklir. Putin menolak tawaran tersebut, dengan mengatakan negosiasi semacam itu tidak ada artinya sementara AS secara terbuka berusaha menimbulkan kekalahan strategis bagi Rusia di Ukraina.

Melanjutkan Uji Coba Nuklir

Para petinggi Rusia menyerukan dimulainya kembali uji coba nuklir untuk menunjukkan kesiapan Rusia menggunakan persenjataan atomnya dan memaksa Barat membatasi bantuan bagi Ukraina.

Putin menuturkan Rusia dapat melanjutkan pengujian jika AS melakukannya terlebih dahulu, sebuah langkah yang akan mengakhiri larangan global yang berlaku setelah runtuhnya Soviet.

Bulan lalu, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov mengungkapkan tempat uji coba nuklir di Novaya Zemlya, Kepulauan Arktik, siap melanjutkan pengujian jika AS melakukannya.

Senjata baru yang prospektif

Pada tahun 2018, Putin mengungkapkan serangkaian senjata baru, yang mengklaim bahwa senjata-senjata itu akan membuat sistem pertahanan rudal AS yang prospektif tidak berguna.

Senjata-senjata itu termasuk kendaraan luncur hipersonik Avangard, yang mampu terbang 27 kali lebih cepat dari kecepatan suara dan melakukan manuver tajam untuk menghindari perisai rudal musuh. Unit-unit pertama semacam itu telah mulai beroperasi.

Putin juga menyinggung soal drone bawah air Poseidon yang bersenjata nuklir dan bertenaga atom, yang dirancang untuk meledak di dekat garis pantai dan menyebabkan tsunami radioaktif. Awal tahun ini, dia mengatakan bahwa pengujian Poseidon hampir selesai, tanpa memberikan rincian.

Pada saat bersamaan, rudal jelajah bertenaga atom juga sedang dikembangkan, sebuah konsep yang berasal dari Perang Dingin. Namun, rudal yang disebut Burevestnik atau Petrel itu telah menimbulkan skeptisisme di kalangan para ahli, yang menyebutkan kendala teknologi dan masalah keselamatan radiasi. Selama pengujian pada tahun 2019, sebuah ledakan di pangkalan angkatan laut di Laut Putih dilaporkan melibatkan Burevestnik yang menewaskan lima teknisi dan dua prajurit, serta menyebabkan lonjakan radiasi singkat.

Putin mengaku tahun ini pengembangannya berada pada tahap akhir dan militer dilaporkan telah membangun pangkalan untuk rudal tersebut di wilayah Vologda.

 

Video Terkini