Sukses

Isu Palestina Disinggung dalam Pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming Raka

Menurut Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR RI) Ahmad Muzani Indonesia memiliki tanggung jawab moral yang terus mendukung hak masyarakat Palestina.

Liputan6.com, Jakarta - Isu Palestina diangkat dalam acara pelantikan Presiden RI Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka pada Minggu (20/10/2024).

Hal ini disampaikan oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR RI) Ahmad Muzani.

"Dalam hubungan internasional situasi global yang semakin kompleks, salah satu isu yang harus dilakukan dengan tepat yaitu perjuangan rakyat Palestina untuk mendapatkan kemerdekaan dan hak asasi mereka," kata Ahmad Muzani pada Minggu (20/10) yang kemudian disambut tepuk tangan berdiri dan teriakan Free Palestine oleh para hadirin.

"Kita semua tahu bahwa Palestina bukan masalah regional, tetapi juga persoalan kemanusiaan yang membutuhkan perhatian dan dukungan kita semua."

Ahmad Muzani mengatakan, sebagai bangsa yang menjunjung tinggi keadilan, Indonesia memiliki tanggung jawab moral yang terus mendukung hak masyarakat Palestina.

"Melalui diplomasi yang aktif, kita dapat memberikan suara pada mereka yang terpinggirkan, serta mendorong komunitas internasional untuk mendukung hak-hak rakyat Palestina," kata Ahmad Muzani.

"Oleh karena itu, kepada Presiden Prabowo Subianto, melalui mimbar yang terhormat ini, kami berharap agar dapat melanjutkan komitmen ini. Sebagaimana amanat dan kebijakan politik luar negeri kita."