Sukses

Susu Nabati: Benarkah Sehat dan Ramah Lingkungan?

Banyaknya populasi yang mengalami intoleransi laktosa. Lalu, susu nabati muncul sebagai alternatif. Benarkah sehat dan ramah lingkungan?

, Jakarta - Dengan 75 persen populasi global mengalami intoleransi laktosa dan meningkatnya kekhawatiran terhadap kelestarian lingkungan, susu nabati dinilai sebagai alternatif yang layak untuk produk susu dalam beberapa tahun terakhir. Ini adalah industri global senilai USD 20 miliar, dengan penjualan yang diperkirakan meningkat lebih dari dua kali lipat pada dekade mendatang.

Produk alternatif bebas susu hewani menjadi segmen pasar produk berbahan baku tanaman terbesar di Amerika Serikat, dengan penjualan mencapai USD 2,9 miliar tahun lalu. Pasar minuman susu berbahan baku tanaman mencakup hampir 15% dari total penjualan susu. Pada 2023, hampir separuh rumah tangga di AS telah membeli produk susu nabati.

Namun, sebuah studi terbaru terhadap 219 alternatif susu nabati oleh para ilmuwan di Pusat Koordinasi Nutrisi Universitas Minnesota menemukan bahwa produk ini mengandung lebih sedikit nutrisi dibandingkan susu sapi, termasuk kalsium dan vitamin D.

Jejak Karbon Susu Nabati Lebih Rendah Rata-rata emisi gas rumah kaca per liter dari produksi susu nabati seperti kedelai, gandum, almond, spelt, kacang polong, dan kelapa adalah 62-78% lebih rendah dibandingkan susu sapi, menurut studi berjudul Susu dan Susu Nabati: Implikasi bagi Nutrisi dan Kesehatan Planet, dikutip dari DW Indonesia, Senin (21/10/2024).

Namun, jenis susu apa yang terbaik untuk planet dan tubuh kita?

Ini adalah pertanyaan yang rumit, kata Brent Kim, peneliti di Johns Hopkins Center for a Livable Future dan salah satu penulis studi tersebut. Apakah kita berbicara tentang dampak terkecil terhadap perubahan iklim, susu yang paling bergizi, yang paling terjangkau, atau seberapa banyak air tawar yang digunakan?

Yang jelas, makanan nabati memiliki jejak karbon yang jauh lebih rendah. Menurut Kim, meskipun pengemasan dan pengangkutan menyumbang sebagian emisi, sebagian besar emisi telah dihasilkan sebelum tanaman meninggalkan pertanian.

Kompromi untuk Lingkungan Namun, ada kompromi lingkungan yang berbeda dalam hal susu nabati. Meskipun susu almond lebih baik dibandingkan susu sapi dalam hal emisi gas rumah kaca, jejak airnya cukup besar. Susu almond adalah susu nabati yang paling banyak terjual di AS, mencakup tiga perempat dari keseluruhan penjualan.

Kim menyebutkan bahwa susu dari protein kacang polong bisa menjadi pilihan yang lebih baik, dengan emisi gas rumah kaca yang lebih rendah dan kadar protein yang baik. Dan jika kita khawatir tentang penggunaan air tawar, susu almond memiliki salah satu jejak air terkecil di antara semua jenis susu, tambahnya. Susu kedelai juga memenuhi semua kriteria ini.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kedelai memiliki dampak iklim sedikit lebih tinggi dibandingkan kacang polong. Namun, susu dari protein kacang polong belum tersedia secara luas.

 

2 dari 3 halaman

Jadi, Susu Mana yang Terbaik?

Dengan berbagai merek dan jenis di pasaran, apakah mungkin untuk menentukan mana yang terbaik? Sulit, kata Abby Johnson, Direktur Asosiasi Pusat Koordinasi Nutrisi di Universitas Minnesota dan penulis utama studi tersebut. Ada banyak variabilitas. Setiap susu nabati diformulasikan secara berbeda, katanya.

Produk susu dianggap sebagai sumber baik untuk memenuhi tiga dari lima nutrisi penting: kalsium, kalium, dan vitamin D. Pola makan rata-rata orang Amerika melebihi jumlah protein yang dibutuhkan, kata Kim. Namun, protein susu tambahan penting bagi beberapa kelompok, khususnya anak-anak yang sedang tumbuh.

Gandum belum tentu mengandung protein tinggi, tambah Becky Ramsing, ahli nutrisi kesehatan masyarakat di Johns Hopkins Center for a Livable Future. Jangan terkecoh dengan anggapan bahwa susu almond mengandung protein tinggi hanya karena terbuat dari kacang-kacangan.

Baca Kandungan Nutrisinya! Anda tidak bisa begitu saja mengambil susu nabati dari rak dan berasumsi bahwa susu itu cocok. Setiap orang berbeda, kata Ramsing. Penting untuk membaca label nutrisi agar tahu pasti kandungan dalam produk tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Susu Kaya Kalsium

Ramsing mengatakan, ia pernah terkejut mengetahui susu kedelai favoritnya tidak diperkaya dengan kalsium. Anda mungkin juga akan terkejut dengan kandungan gula tambahan dalam susu tersebut.

Namun, salah satu keuntungan susu nabati dibandingkan susu sapi adalah serat ekstra. Johnson mengatakan, beberapa jenis susu nabati menyediakan lebih dari 10% dari nilai harian serat, sedangkan susu sapi tidak mengandung serat sama sekali.

Di sisi lain, susu sapi kaya akan vitamin B2 atau riboflavin, penting untuk pertumbuhan sel dan produksi energi, serta fosfor untuk tulang dan gigi. Namun, Anda tetap dapat memilih susu nabati jika memperoleh nutrisi dari sumber lain, kata Johnson. Makanlah makanan yang beragam dengan banyak buah dan sayuran, dan Anda tidak perlu khawatir kekurangan vitamin B2 atau fosfor. Susu nabati jelas dapat menjadi bagian dari pola makan yang sehat.

 

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence