Sukses

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese Sampaikan Selamat ke Prabowo Subianto

PM Australia mengirimkan Wakil perdana menteri merangkap Menhan Richard Marles untuk hadir secara langsung dalam pelantikan Prabowo di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri Australia Anthony Albanese menyampaikan selamat kepada Prabowo Subianto yang dilantik sebagai presiden Indonesia pada Minggu (20/10/2024).

"Selamat kepada Presiden @prabowo atas pelantikannya. Saya menghargai persahabatan kita dan berharap dapat terus memperkuat kemitraan antara kedua negara," kata Anthony Albanese lewat akun X (sebelumnya Twitter).

Sementara itu, PM Australia mengirimkan Wakil perdana menteri merangkap Menhan Richard Marles untuk hadir secara langsung dalam pelantikan Prabowo di Jakarta.

Selain Albanese, Presiden China Xi Jinping juga mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto yang dilantik sebagai presiden Indonesia.

Xi mengatakan, ia akan menjaga komunikasi dan hubungan yang lebih erat dengan mitranya dari Indonesia, dikutip dari Barrons, Minggu (20/10).

Xi juga mengatakan bahwa China dan Indonesia merupakan negara tetangga yang bersahabat dengan kemitraan strategis komprehensif kedua negara terus membaik serta siap membangun masa depan bersama yang lebih erat.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029.

Keduanya dilantik di Gedung DPR-MPR yang disusul dengan pengambilan sumpah.

Prabowo mengucapkan sumpah jabatan pada Minggu (20/10) sekitar pukul 10.31 WIB. Dalam sumpahnya, Prabowo mengucapkan janji untuk memegang teguh Undang Undang Dasar (UUD 1945).

"Bismillahirrahmannirrahim, Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," kata Prabowo di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Setelah itu, Gibran Rakabuming Raka yang mengucapkan sumpah sebagai Wakil Presiden.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Gibran.