Sukses

Pesan Retno Marsudi ke Menlu Sugiono: Lanjutkan Perjuangan

Menteri Luar Negeri RI Sugiono bertemu dengan Retno Marsudi di Gedung Pancasila, Jakarta pada Senin (21/10/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri RI Sugiono mendapatkan pesan dari Retno Marsudi untuk terus melanjutkan perjuangan diplomasi Indonesia.

"Lanjutkan perjuangan," kata Menlu Sugiono saat ditanya awak media terkait pesan Retno Marsudi kepada dirinya saat melakukan pertemuan di Gedung Pancasila, Jakarta, Senin (21/10/2024).

Sugiono diumumkan sebagai menteri luar negeri oleh Presiden Prabowo Subianto pada Minggu (20/10) di Istana Merdeka, Jakarta.

Presiden Prabowo Subianto pada Senin (21/10) pagi melantika Sugiono sebagai menteri luar negeri, diikuti oleh Anis Matta, Arrmanatha Nasir, dan Arif Havas Oegroseno sebagai wakil menteri luar negeri.

Menlu Sugiono juga menyampaikan pesan Presiden Prabowo usai dirinya dan para wamenlu dilantik.

"Pak presiden berpesan untuk terus melakukan diplomasi-diplomasi yang sifatnya aktif. Kemudian membantu menyelesaikan masalah-masalah yang mungkin timbul," kata Menlu Sugiono.

"Juga diminta untuk menjadi jembatan komunikasi dan menjalin kerja sama denga semua negara dan melihat potensi-potensi kerja sama apapun yang bisa kita lakukan."

2 dari 2 halaman

Profil Menlu Sugiono

Menlu Sugiono merupakan pria Jawa kelahiran Takengon, Aceh Tengah, ini lahir pada 11 Februari 1979.

Sebelum dilantik menjadi Menlu RI, ia menjabat sebagai wakil ketua umum Partai Gerindra dan pernah menjabat sebagai wakil ketua harian DPP Gerindra (2020-2025). Dia menjadi ketua fraksi Gerindra MPR RI untuk periode 2021-2024.

Sugiono digambarkan sebagai sosok pemuda cerdas yang ada di lingkaran terdekat Prabowo.

"Tak sedikit yang mengatakan bahwa pria yang pernah menimba ilmu di Norwich Military Academy-Amerika ini merupakan anak ideologis Prabowo," demikian kutipan dari profil Sugiono di laman fraksigerindra.id.

Di mata para kader Gerindra, Sugiono dinilai memiliki banyak kesamaan dengan Prabowo. Selain cerdas, Sugiono juga dikenal cermat dalam menanggapi persoalan dan tegas dalam bersikap.

Berikut riwayat pendidikan Sugiono:

1985 – 1991: SDN 1 Takengon

1991 – 1994: SMPN 3 Banda Aceh

1994 – 1997: SMA Taruna Nusantara Magelang