Sukses

Lawatan Perdana Menlu Sugiono: Hadiri KTT BRICS di Rusia

Wamenlu RI Arif Havas Oegroseno menyebut Menlu Sugiono akan terbang ke Kazan, Rusia, pada Selasa (22/10/2024) dini hari untuk menghadiri KTT BRICS.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri RI Sugiono akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS di Kaza, Rusia, yang berlangsung pada 22-2024 Oktober.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Menteri Luar Negeri RI Arif Havas Oegroseno kepada awak media pada Senin (21/10/2024).

"Pak Menlu akan berangkat ke Kazan," kata Wamenlu Havas di Gedung Pancasila, Jakarta, Senin (21/10).

Ia juga mengonfirmasi bahwa keberangkatan Sugiono ke Kazan pada Selasa (22/10) dini hari dan itu merupakan agenda internasional pertamanya.

Wamenlu Havas menyebut keberangkatan Menlu Sugiono ke Kazan, Rusia, akan didampingi oleh Direktur Jenderal Multilateral Tri Haryat.

Dikutip dari Antara, Menlu RI periode (2014-2024) Retno Marsudi mengaku telah berkomunikasi dengan Prabowo Subianto mengenai BRICS ketika baru-baru diumumkan sebagai pemenang Pilpres 2024.

Selain itu, ia menyebut bahwa keputusan Indonesia untuk bergabung dengan BRICS ada pada pemerintahan Prabowo. "Tetapi kami terus memberikan masukan kepada presiden terpilih mengenai masalah BRICS," kata Retno Marsudi pada 5 September.

Retno Marsudi menyebut bahwa Indonesia sendiri sebelumnya mendapat ajakan untuk bergabung dengan BRICS saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS ke-15 dihelat di Johannesburg, Afrika Selatan, pada 22-24 Agustus 2023.

Namun, keputusan Indonesia untuk menjadi anggota BRICS bergantung pada penilaian kemanfaatan ekonomi yang didapat bila bergabung dengan blok ekonomi tersebut.