Sukses

Krisis Properti Picu Permasalahan Ekonomi di China, Warga Mulai Hilang Kepercayaan

Dilaporkan adanya penurunan harga dan penjualan rumah. Sektor ini tidak menunjukkan tanda-tanda pemulihan, yang mengancam tabungan dan investasi jutaan keluarga di China.

Liputan6.com, Beijing - Perekonomian China tumbuh pada kuartal ketiga dengan laju paling lambat sejak awal tahun lalu, lantaran negara itu sedang berjuang untuk meningkatkan pertumbuhan yang melambat.

Menurut Biro Statistik Nasional China, secara tahunan, produk domestik bruto (PDB) naik sebesar 4,6% dalam tiga bulan hingga akhir September. Angka tersebut lebih rendah dari kuartal sebelumnya dan di bawah target pemerintah "sekitar 5%" untuk tahun ini. Dilansir dari BBC pada Jumat (21/10/2024).

Faktor eksternal seperti kenaikan tarif dari era Donald Trump dan pandemi COVID-19 dinilai berkontribusi terhadap kesengsaraan ekonomi Tiongkok.

Lalu, respons Partai Komunis China (CCP) terhadap tantangan ini dianggap hanya memperburuk masalah yang mendasarinya.

Dilaporkan pula terjadi masalah di sektor real estat yang membuat krisis keuangan di Tiongkok. Dengan terus menurunnya harga dan penjualan rumah, sektor ini tidak menunjukkan tanda-tanda pemulihan, yang mengancam tabungan dan investasi jutaan keluarga Tiongkok.

Ketidakmampuan CCP untuk menyediakan peluang yang berarti bagi penduduk mudanya telah menyebabkan krisis kepercayaan di kalangan pemuda Tiongkok.

Keputusan rezim untuk berhenti menerbitkan angka pengangguran pemuda pada Juni 2023 menunjukkan betapa seriusnya situasi tersebut. Bahkan dengan metodologi revisi mereka yang mengecualikan pelajar, yang dengan mudah menurunkan angka resmi menjadi 14,9%, pengangguran pemuda tetap hampir tiga kali lipat dari rata-rata nasional.

Munculnya gerakan lie flat di kalangan warga muda Tiongkok merupakan dakwaan yang memberatkan terhadap model ekonomi CCP.

Ketika generasi berikutnya secara aktif menolak janji mobilitas ke atas yang melegitimasi kekuasaan partai selama beberapa dekade, hal itu menandakan adanya masalah mendasar dalam kontrak sosial antara CCP dan rakyatnya.

 

2 dari 4 halaman

Krisis Legitimasi di China

Kesulitan ekonomi dianggap berasal dari keengganan pemerintah untuk melaksanakan reformasi yang diperlukan yang dapat mengancam kendali politiknya.

Keinginan partai untuk mempertahankan sistem perbankan yang dikendalikan negara dan kebijakan industrinya yang menyimpang telah menciptakan badai inefisiensi ekonomi yang sempurna.

Hasilnya adalah kelebihan produksi besar-besaran di sektor-sektor utama, yang mengarah pada praktik dumping yang merugikan perusahaan-perusahaan Tiongkok.

CCP juga dilaporkan menghadapi krisis legitimasi. Selama beberapa dekade, partai tersebut membenarkan kekuasaan otoriternya dengan memberikan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan standar hidup.

Ketika kontrak sosial implisit ini runtuh, rezim tersebut semakin bergantung pada pengawasan, kontrol, dan nasionalisme untuk mempertahankan kekuasaan.

Meskipun perangkat pengawasan canggih CCP memungkinkannya untuk menekan perbedaan pendapat yang terlihat, ia tidak dapat mengatasi tantangan ekonomi mendasar yang dihadapi Tiongkok.

 

3 dari 4 halaman

Ekonomi China Diramal Tak Bakal Cerah Tahun Depan

Bank Dunia memperkirakan ekonomi China akan terus menurun hingga 2025, meski ada dorongan sementara dari langkah-langkah stimulus baru-baru ini.

Melansir CNBC International, Bank Dunia memperkirakan bahwa tingkat pertumbuhan China akan turun menjadi 4,3% tahun depan, turun dari 4,8% yang diproyeksikan untuk tahun 2024.

Proyeksi tahun 2024 naik 0,3% dari perkiraan Bank Dunia pada bulan April dan muncul setelah China meluncurkan serangkaian langkah-langkah stimulus baru-baru ini, meningkatkan kepercayaan investor dan mendorong reli pasar saham, yang sejak itu gagal.

Namun, terlepas dari langkah-langkah tersebut, yang sebagian besar difokuskan pada kebijakan moneter, proyeksi pertumbuhan Bank Dunia tahun 2025 tidak berubah dari proyeksi sebelumnya.

Kepala ekonom Asia Timur dan Pasifik Bank Dunia, Aaditya Mattoo mengatakan dimensi fiskal dari langkah-langkah stimulus ekonomi China masih belum terdefinisi, sehingga memperumit proyeksi.

“Pertanyaannya adalah apakah (stimulus) benar-benar dapat mengimbangi kekhawatiran konsumen tentang penurunan gaji, kekhawatiran tentang penurunan pendapatan properti, dan ketakutan jatuh sakit, menjadi tua, menjadi pengangguran,” kata Mattoo.

 

4 dari 4 halaman

Pelemahan Konsumen China

Pemberi pinjaman internasional tersebut mengaitkan lemahnya belanja konsumen China dengan banyaknya kekhawatiran, di samping tantangan seperti pelemahan pasar properti yang terus-menerus, populasi yang menua, dan meningkatnya ketegangan global.

Bank Dunia sebelumnya telah menganjurkan China untuk meningkatkan pertumbuhannya melalui tindakan kebijakan yang berani seperti melepaskan persaingan, meningkatkan infrastruktur, dan mereformasi pendidikan.

Namun menurut Mattoo, stimulus tersebut bukanlah pengganti reformasi struktural yang lebih mendalam yang akan dibutuhkan China untuk meningkatkan pertumbuhan jangka panjang.

Namun, setiap dorongan dari langkah-langkah stimulus akan disambut baik oleh seluruh kawasan, yang masih sangat bergantung pada China untuk pertumbuhan, tambahnya.