Sukses

Utusan Arab Saudi Beri Surat dari Raja Salman untuk Prabowo Subianto Saat Pelantikan Presiden, Apa Isinya?

Al-Jubeir mewakili Arab Saudi pada pelantikan presiden Indonesia Prabowo Subianto dan wakilnya Gibran Rakabuming Raka.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Negara untuk Urusan Luar Negeri, Anggota Kabinet, dan Utusan Iklim Adel Al-Jubeir mewakili Arab Saudi hadir pada upacara pelantikan Prabowo Subianto sebagai presiden Indonesia, yang diselenggarakan di di Gedung DPR-MPR Jakarta pada hari Minggu (20/10).

Situs Saudi Press Agency (SPA) yang dikutip Selasa (22/10/2024) menyebut Al-Jubeir menyampaikan salam dari Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman dan Putra Mahkota serta Perdana Menteri Mohammed bin Salman kepada Presiden Subianto. Raja Arab Saudi dan Putra Mahkota menyampaikan harapan mereka untuk pertumbuhan, kemajuan, dan kemakmuran yang berkelanjutan bagi pemerintah dan rakyat Indonesia.

Al-Jubeir juga menyampaikan pesan tertulis alias surat dari Raja Salman kepada presiden Indonesia. Kendati demikian sejauh ini belum diketahui apa isi pesan untuk Prabowo tersebut.

Mantan Jenderal Prabowo Subianto dilantik pada hari Minggu (20/10) sebagai presiden kedelapan negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia, menggantikan Joko Widodo.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka kemudian resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029.

Prabowo mengucapkan sumpah jabatan sekitar pukul 10.31 WIB. Dalam sumpahnya, Prabowo mengucapkan janji untuk memegang teguh Undang Undang Dasar (UUD 1945).

"Bismillahirrahmannirrahim, Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," kata Prabowo di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Setelah itu, Gibran Rakabuming Raka yang mengucapkan sumpah sebagai Wakil Presiden.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Gibran.

Momen pelantikan Prabowo dan Gibran hari ini menjadi sorotan dunia. Sejumlah media asing mengangkat isu tersebut. (Baca:Pelantikan Presiden RI Prabowo Subianto Jadi Sorotan Dunia)

2 dari 4 halaman

Xi Jinping Telepon Prabowo Subianto, Beri Ucapan Selamat Jadi Presiden RI

Berbeda dengan utusan dari Arab Saudi, Presiden China Xi Jinping mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto yang dilantik sebagai presiden Indonesia pada Minggu (20/10) melalui sambungan telepon.

Xi Jinping mengatakan, ia akan menjaga komunikasi dan hubungan yang lebih erat dengan mitranya dari Indonesia, dikutip dari Barrons, Minggu (20/10).

Xi juga mengatakan bahwa China dan Indonesia merupakan negara tetangga yang bersahabat dengan hubungan kemitraan strategis komprehensif. Ia juga menyebut hubungan kedua negara terus membaik serta siap membangun masa depan bersama yang lebih erat.

 

3 dari 4 halaman

Ucapan Selamat Atas Pelantikan Presiden Prabowo dari PM Singapura dan Australia

Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong menyampaikan selamat kepada Prabowo Subianto yang dilantik sebagai presiden Indonesia pada Minggu (20/10/2024).

"Selamat Pak Prabowo! Senang sekali dapat menghadiri pelantikan Anda dan membahas prioritas kita untuk hubungan bilateral. Saya mendoakan Anda sukses dalam masa jabatan Anda ke depan dan berharap dapat memperkuat kemitraan kita," kata Lawrence Wong lewat akun X (sebelumnya Twitter).

Selain Wong, PM Australia juga menyampai selamat di akun X pribadinya.

"Selamat kepada Presiden @prabowo atas pelantikannya. Saya menghargai persahabatan kita dan berharap dapat terus memperkuat kemitraan antara kedua negara," kata Anthony Albanese lewat akun X (sebelumnya Twitter).

Sementara itu, PM Australia mengirimkan Wakil perdana menteri merangkap Menhan Richard Marles untuk hadir secara langsung dalam pelantikan Prabowo Subianto di Jakarta.

4 dari 4 halaman

PM Belanda Dick Schoof Ucapkan Selamat Atas Pelantikan Presiden Prabowo Subianto

Perdana Menteri Belanda Dick Schoof juga mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto yang secara resmi telah dilantik sebagai presiden Republik Indonesia pada hari Minggu (20/10).

PM Dick Schoof juga menyampaikan bahwa Belanda siap untuk terus memperkuat kerja sama dan persahabatan kedua negara.

 "Selamat @Prabowo atas pelantikan Anda sebagai Presiden Republik Indonesia. Kedua negara kita terhubung oleh banyak ikatan ekonomi, politik, dan budaya. Saya berharap dapat memperkuat ikatan ini dan persahabatan antara Indonesia dan Belanda," kata PM Dick Schoof pada akun X @MinPres (sebelumnya Twitter).