Sukses

AS Minta Israel-Hizbullah Akhiri Perang Secepat Mungkin

AS juga mendesak penegakan Resolusi PBB agar Hizbullah mundur dari Lebanon.

Liputan6.com, Washington D.C - Amerika Serikat mengatakan pada Senin (21/10/2024) bahwa mereka ingin perang Israel-Hizbullah berakhir secepat mungkin.

AS juga mendesak penegakan Resolusi PBB yang mengharuskan Hizbullah yang didukung Iran untuk mundur dari Lebanon selatan, dikutip dari Channel News Asia, Selasa (22/10).

Seruan dari sekutu utama Israel itu muncul saat pasukan Israel meningkatkan perang yang hampir sebulan di Lebanon, termasuk menargetkan kelompok keuangan yang terkait dengan Hizbullah, dan terus menggempur Gaza selama lebih dari satu tahun dalam perang di sana.

Dengan pertempuran yang berkecamuk, utusan AS Amos Hochstein, yang mengunjungi ibu kota Lebanon, mengatakan bahwa Washington ingin melihat konflik di Lebanon berakhir "secepat mungkin".

"Mengaitkan masa depan Lebanon dengan konflik lain di kawasan itu bukanlah dan tidak akan menjadi kepentingan rakyat Lebanon," kata Hochstein.

Hochstein juga mengatakan, meskipun Resolusi Dewan Keamanan PBB 1701, yang mengakhiri perang Israel-Hizbullah tahun 2006, seharusnya menjadi dasar untuk gencatan senjata baru, para pihak belum berbuat cukup banyak untuk mengimplementasikannya sejak saat itu.

"Mengaitkan masa depan Lebanon dengan konflik lain di kawasan itu bukanlah dan tidak akan menjadi kepentingan rakyat Lebanon," kata Hochstein.

 

2 dari 3 halaman

Eskalasi

Israel memperluas cakupan perangnya dari Gaza ke Lebanon bulan lalu, bersumpah untuk terus memerangi Hizbullah hingga mengamankan perbatasan utaranya untuk memungkinkan kembalinya orang-orang yang mengungsi akibat tembakan roket.

Kementerian Kesehatan Lebanon mengatakan, enam orang, termasuk seorang anak, tewas ketika serangan Israel menghantam sebuah gedung di kota Baalbek, Lebanon timur.

Kepala militer Israel, Letnan Jenderal Herzi Halevi, mengatakan bahwa selama sehari terakhir, pasukannya telah menyerang sekitar 30 target yang terkait dengan perusahaan keuangan Lebanon yang terkait dengan Hizbullah, Al-Qard Al-Hassan, yang dituduh Israel mendanai senjata kelompok tersebut.

Serangan tersebut menandai perluasan perang Israel yang hampir sebulan dengan Hizbullah.

 

3 dari 3 halaman

Kerusakan Besar

Kantor Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan, serangan tersebut menyebabkan "kerusakan besar" pada properti dan infrastruktur sipil.

Kantor Berita Nasional resmi Lebanon melaporkan bahwa tentara Israel meledakkan rumah-rumah di desa perbatasan Aita al-Shaab pada Senin (21/10) menambahkan bahwa telah terjadi bentrokan hebat di Lebanon selatan saat tentara Israel "berusaha maju".

Hizbullah mengatakan, telah menembakkan salvo roket ke tentara Israel di dekat desa tersebut.

Perang yang berlangsung hampir sebulan telah menewaskan sedikitnya 1.470 orang di Lebanon, menurut penghitungan AFP dari angka kementerian kesehatan Lebanon.