Sukses

Meteorit S2: Jejak Dahsyat Batu Sebesar London yang Menghantam Bumi

Penemuan meteorit S2 yang menghantam Bumi tiga miliar tahun lalu mengungkap dampak besar pada kehidupan awal planet kita, dari tsunami raksasa hingga mendorong berkembangnya kehidupan mikroorganisme.

Liputan6.com, Pretoria - Para ilmuwan baru-baru ini menemukan bahwa sebuah meteorit raksasa yang pertama kali ditemukan pada tahun 2014 telah menyebabkan tsunami yang lebih besar daripada yang pernah tercatat dalam sejarah manusia dan bahkan mendidihkan lautan.

Batuan luar angkasa, yang ukurannya 200 kali lebih besar dari meteorit yang memusnahkan dinosaurus, itu menghantam Bumi ketika planet kita masih dalam tahap awal pembentukannya, sekitar tiga miliar tahun lalu.

Dengan membawa palu godam, para ilmuwan melakukan perjalanan ke lokasi dampak di Afrika Selatan untuk memecahkan potongan batu dan memahami tabrakan tersebut. Tim peneliti juga menemukan bukti bahwa dampak asteroid besar tidak hanya membawa kehancuran ke Bumi, namun juga membantu kehidupan awal untuk berkembang.

"Kita tahu bahwa setelah Bumi pertama kali terbentuk, masih banyak puing-puing yang beterbangan di luar angkasa dan menabrak Bumi," kata Prof. Nadja Drabon dari Universitas Harvard, penulis utama penelitian baru ini, seperti dilansir BBC, Rabu (23/10/2024).

"Tapi sekarang kami menemukan bahwa kehidupan sangat tangguh setelah beberapa dampak besar ini, dan bahkan berkembang serta tumbuh subur."

Meteorit S2 jauh lebih besar daripada batuan luar angkasa yang paling kita kenal. Meteorit yang menyebabkan kepunahan dinosaurus 66 juta tahun lalu memiliki lebar sekitar 10 km, hampir setinggi Gunung Everest. Namun, S2 memiliki lebar 40-60 km dan massanya 50-200 kali lebih besar.

Tabrakan sendiri terjadi ketika Bumi masih dalam tahun-tahun awalnya dan tampak sangat berbeda. Bumi saat itu adalah dunia air dengan hanya beberapa benua yang menonjol dari laut.

Lokasi dampak di Eastern Barberton Greenbelt adalah salah satu tempat tertua di Bumi dengan sisa-sisa tabrakan meteorit. Prof. Drabon melakukan perjalanan ke sana tiga kali bersama rekan-rekannya, mengemudi sejauh mungkin ke pegunungan terpencil sebelum melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sambil membawa ransel.

Rangers bersenjata mesin menemani mereka untuk melindungi dari binatang liar seperti gajah atau badak, atau bahkan pemburu liar di taman nasional. Mereka mencari spherule atau fragmen batu kecil, yang tertinggal akibat dampak tersebut. Menggunakan palu godam, mereka mengumpulkan ratusan kilogram batu dan membawanya kembali ke laboratorium untuk dianalisis.

Prof. Drabon menyimpan potongan-potongan paling berharga dalam bagasinya.

"Saya biasanya dihentikan oleh keamanan, namun saya memberikan penjelasan panjang lebar tentang betapa menariknya sains ini dan kemudian mereka menjadi sangat bosan dan membiarkan saya lewat," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Kehidupan Pasca Hantaman S2

Tim peneliti telah berhasil merekonstruksi kejadian ketika S2 dengan keras menabrak Bumi. Tabrakan ini membentuk kawah sepanjang 500 km dan menghancurkan batuan yang terlontar dengan kecepatan sangat tinggi, membentuk awan yang mengelilingi Bumi.

"Bayangkan hujan, namun alih-alih tetesan air, ini seperti tetesan batu cair yang turun dari langit," kata Prof. Drabon.

Tsunami besar menyapu seluruh dunia, merobek dasar laut, dan membanjiri garis pantai. Tsunami Samudra Hindia tahun 2004, sebut Prof. Drabon, akan tampak kecil dibandingkan dengan ini.

Semua energi itu akan menghasilkan panas dalam jumlah besar yang mendidihkan lautan, menyebabkan hingga puluhan meter air menguap. Itu juga akan meningkatkan suhu udara hingga 100 derajat Celsius.

Langit akan menjadi gelap, dipenuhi debu dan partikel. Tanpa sinar matahari menembus kegelapan, kehidupan di darat atau di air dangkal yang bergantung pada fotosintesis akan musnah.

Dampak ini mirip dengan yang ditemukan ahli geologi pada dampak meteorit besar lainnya.

Namun, temuan Prof. Drabon dan timnya selanjutnya mengejutkan. Bukti batuan menunjukkan bahwa gangguan hebat ini mengaduk nutrisi seperti fosfor dan besi yang memberi makan organisme sederhana.

"Kehidupan tidak hanya bertahan, namun sebenarnya pulih dengan sangat cepat dan berkembang," tutur Prof. Drabon.

"Itu seperti saat Anda menyikat gigi di pagi hari. Itu membunuh 99,9 persen bakteri, namun pada malam hari mereka semua kembali, bukan?"

Temuan baru menunjukkan bahwa dampak besar seperti pupuk raksasa, menyebarkan bahan-bahan penting untuk kehidupan seperti fosfor ke seluruh dunia.

Tsunami yang menyapu planet ini juga membawa air kaya besi dari kedalaman ke permukaan, memberikan energi ekstra bagi mikroba awal.

"Temuan ini menambah pandangan yang berkembang di kalangan ilmuwan bahwa kehidupan awal sebenarnya dibantu oleh serangkaian batuan yang menghantam Bumi pada tahun-tahun awalnya," kata Prof. Drabon.

"Tampaknya kehidupan setelah dampak sebenarnya menemukan kondisi yang sangat menguntungkan yang memungkinkannya berkembang."

Temuan terbaru terkait meteorit S2 diterbitkan dalam jurnal ilmiah PNAS.