Sukses

Israel Klaim Serang Fasilitas Produksi Rudal Iran, Serangan yang Dikecam Hamas dan Arab Saudi

Israel telah bersumpah untuk membalas Iran atas serangan 200 rudalnya pada tanggal 1 Oktober, serangan langsung kedua yang pernah dilakukan Iran terhadap musuh bebuyutannya. Sebagian besar rudal itu berhasil dicegat tetapi satu orang tewas.

Liputan6.com, Jakarta Iran mengatakan serangan Israel menargetkan lokasi militer di republik Islam tersebut pada hari Sabtu (26/10), menewaskan dua tentara, hampir sebulan setelah Israel bersumpah untuk membalas serangan rudal yang menimbulkan kekhawatiran akan perang Timur Tengah skala penuh.

Sementara, mengutip AFP, Sabtu (26/10/2024), militer Israel mengatakan serangan udara balasannya menghantam fasilitas produksi rudal Iran, instalasi rudal, dan sistem lain di beberapa wilayah. Mereka mengklaim memperingatkan Iran bahwa mereka akan "membayar harga yang mahal" jika membalas.

Iran mengonfirmasi serangan Israel telah menargetkan lokasi militer di Provinsi Teheran yang mengelilingi ibu kota, dan bagian lain negara itu, dengan mengatakan serangan itu menyebabkan "kerusakan terbatas". Angkatan bersenjata kemudian mengatakan dua tentara tewas dalam serangan itu.

Israel telah bersumpah untuk membalas Iran atas serangan 200 rudalnya pada tanggal 1 Oktober, serangan langsung kedua yang pernah dilakukan Iran terhadap musuh bebuyutannya. Sebagian besar rudal itu berhasil dicegat tetapi satu orang tewas.

Balasan Israel tersebut menuai kecaman dari Hamas dan Arab Saudi, yang memperingatkan agar tidak terjadi eskalasi lebih lanjut.

Israel telah terlibat dalam pertempuran di dua front, perang besar-besaran melawan Hizbullah yang didukung Iran di Lebanon sejak bulan lalu, dan di Gaza, tempat Israel telah memerangi militan Hamas Palestina selama lebih dari setahun dan Perserikatan Bangsa-Bangsa memperingatkan bahwa "momen tergelap" dari konflik itu sedang berlangsung.

"Berdasarkan intelijen, pesawat IAF (angkatan udara) menyerang fasilitas pembuatan rudal yang digunakan untuk memproduksi rudal yang ditembakkan Iran ke Negara Israel selama setahun terakhir," kata militer Israel dalam sebuah pernyataan.

Iran telah melakukan dua serangan rudal langsung terhadap Israel sejak April, tetapi selama lebih dari setahun Hizbullah, yang dipersenjatai dan dibiayai oleh Teheran, telah menembaki perbatasan Israel.

"Secara bersamaan, IDF (militer Israel) menyerang susunan rudal surface-to-air missile  (permukaan-ke-udara) dan kemampuan udara Iran lainnya," kata militer Israel, seraya menambahkan "serangan balasan telah selesai dan misi telah terpenuhi".

Pesawat Israel "kembali dengan selamat", seorang juru bicara militer menambahkan.

 

2 dari 4 halaman

Dua Orang Tewas di Israel

Bersama dengan Hizbullah dan Hamas, kelompok bersenjata di Yaman, Irak, dan Suriah, yang juga bersekutu dengan Iran, telah melancarkan serangan sebagai dampak dari perang Gaza.

Pada waktu yang hampir bersamaan ketika Israel menyerang Iran, kantor berita pemerintah Suriah SANA mengatakan serangan udara Israel menargetkan posisi militer di Suriah tengah dan selatan.

Kelompok Islamic Resistance di Irak, jaringan dari faksi-faksi pro-Iran, mengaku bertanggung jawab sebelum fajar hari Sabtu (26/10) atas serangan pesawat nirawak terhadap "target militer" di Israel utara.

Setelah serangan terhadap Iran berakhir, militer Israel mengatakan dua pesawat nirawak telah dicegat saat melintasi Israel dari Lebanon.

Pada hari Jumat (25/10), dua orang tewas akibat luka pecahan peluru setelah rentetan roket Hizbullah ke wilayah utara Israel, kata pejabat Israel.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS Sean Savett mengatakan tanggapan Israel terhadap Iran adalah "latihan membela diri" yang hanya difokuskan pada target militer.

Ia mendesak Iran untuk "menghentikan serangannya terhadap Israel sehingga siklus pertempuran ini dapat berakhir tanpa eskalasi lebih lanjut", dan mengatakan Amerika Serikat berusaha "mempercepat diplomasi".

Militer Israel menyalahkan "Iran dan proksinya" di wilayah tersebut karena "tanpa henti menyerang Israel sejak 7 Oktober", ketika serangan Hamas terhadap Israel memicu perang Gaza.

Serangan itu mengakibatkan kematian 1.206 orang, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP atas angka resmi Israel.

Puluhan tawanan yang ditangkap pada hari itu masih ditahan oleh militan di Gaza.

Pengeboman balasan Israel dan perang darat di Gaza telah menewaskan 42.847 orang, sebagian besar warga sipil, menurut data dari kementerian kesehatan wilayah yang dikuasai Hamas, angka yang dianggap dapat diandalkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Pada akhir September Israel mengalihkan fokusnya ke Lebanon, meningkatkan pemboman terhadap target yang katanya terkait dengan Hizbullah, dan kemudian mengirim pasukan darat. Israel mengatakan tujuannya adalah untuk membuat wilayah utara negara itu aman bagi puluhan ribu warga Israel untuk kembali.

Setidaknya 1.580 orang telah tewas di Lebanon sejak 23 September, menurut penghitungan AFP dari angka-angka kementerian kesehatan Lebanon.

3 dari 4 halaman

Penerbangan di Iran Dilanjutkan

 

Iran menangguhkan semua penerbangan sebelum fajar hari Sabtu (26/10), tetapi otoritas penerbangan kemudian mengumumkan penerbangan akan "kembali normal" mulai pukul 9:00 pagi (05.30 GMT).

Dalam serangan langsung pertamanya terhadap wilayah Israel, Iran pada bulan April meluncurkan lebih dari 300 pesawat tanpa awak dan rudal. Dikatakan bahwa serangan itu merupakan pembalasan atas serangan terhadap kantor konsulat Iran di Damaskus yang menewaskan anggota Korps Garda Revolusi Islam Iran.

Adapun ledakan-ledakan pada bulan April mengguncang Provinsi Isfahan di Iran dalam apa yang menurut pejabat AS, yang dikutip oleh media Amerika, merupakan pembalasan Israel.

Angkatan pertahanan udara Iran pada hari Sabtu (26/10) mengonfirmasi bahwa serangan Israel telah menargetkan beberapa pangkalan militer.

"Rezim palsu ini (Israel) menyerang beberapa bagian pusat militer di provinsi Teheran, Khuzestan dan Ilam," katanya dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan serangan itu "menyebabkan kerusakan terbatas" saat dicegat.

Televisi pemerintah Iran melaporkan ledakan di sekitar ibu kota akibat "pengaktifan sistem pertahanan udara" terhadap serangan Israel.

Seorang reporter AFP di Teheran juga mendengar ledakan.

 

4 dari 4 halaman

Kemungkinan Kejahatan Kekejaman

Iran mengatakan serangan rudalnya pada 1 Oktober terhadap Israel merupakan pembalasan atas serangan udara Israel, yang menewaskan pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah dan seorang Jenderal Garda Revolusi di Lebanon, serta atas pembunuhan pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh di Teheran.

Pada hari Jumat (25/10), kementerian kesehatan Gaza menuduh pasukan Israel menyerbu rumah sakit terakhir yang berfungsi di wilayah utara dalam sebuah serangan yang dikatakan menewaskan dua anak.

Militer Israel mengatakan pasukannya beroperasi di sekitar Rumah Sakit Kamal Adwan di kamp pengungsi Jabalia di Gaza utara tetapi "tidak mengetahui adanya tembakan langsung dan serangan di area rumah sakit".

Militer Israel mengatakan mereka berusaha menghancurkan kemampuan operasional yang Hamas coba bangun kembali di utara.

Juga di Gaza utara pada hari Jumat (25/10), badan pertahanan sipil Gaza mengatakan serangan pesawat nirawak Israel menewaskan 12 orang yang menunggu untuk menerima bantuan di dekat kamp pengungsi Al-Shati. Tidak ada komentar langsung dari militer.

Volker Turk, Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, mengatakan kebijakan Israel di Gaza utara "berisiko mengosongkan wilayah itu dari semua warga Palestina".

"Kami menghadapi apa yang dapat dianggap sebagai kejahatan kekejaman, termasuk yang berpotensi meluas menjadi kejahatan terhadap kemanusiaan."

Ia mengatakan bahwa, "Tidak terbayangkan, situasinya semakin memburuk dari hari ke hari."

Video Terkini