Sukses

Fans Cristiano Ronaldo Asal China Rela Tempuh Jarak 13 Ribu Km Pakai Sepeda demi Bertemu Idola

Penggemar Cristiano Ronaldo asal China perjalanan dengan persiapan yang terbatas.

Liputan6.com, Beijing - Apa pengorbanan paling besar yang Anda lakukan untuk idola Anda? Menonton konser atau membeli merchandisenya?

Mungkin hal itu belum ada apa-apanya dibandingkan dengan perjuangan seorang pemuda di China yang bersepeda selama tujuh bulan dari China ke Arab Saudi untuk bertemu dengan idolanya, bintang sepak bola Cristiano Ronaldo.

Dilansir SCMP, Minggu (27/10/2024), ia berusia 24 tahun, bermarga Gong, dari Provinsi Anhui di China, memulai perjalanannya dari rumahnya pada 18 Maret.

Ia pergi ke arah utara ke Beijing sebelum pergi jauh ke barat, lalu memasuki Kazakhstan dari Xinjiang, dan melewati enam negara lain termasuk Georgia, Iran, dan Qatar, sebelum tiba di ibu kota Arab Saudi, Riyadh, tempat pemain sepak bola favoritnya bermarkas.

Pada 20 Oktober, Gong bertemu Ronaldo di depan Klub Sepak Bola Al Nassr, impiannya sejak kecil.

Ronaldo (39), yang dikenal luas sebagai "C Luo" di China, adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa dengan lebih dari 900 gol dalam pertandingan resmi.

Ia juga merupakan pemegang rekor lama untuk pengikut terbanyak di Instagram sebanyak 640 juta.

Gong mengatakan ia gembira dapat bertemu langsung dengan "Saudara Luo"-nya.

Ia punya ide bersepeda untuk menemui idolanya setelah Ronaldo membatalkan perjalanannya ke China karena cedera pada bulan Februari.

Secara keseluruhan, Gong bersepeda sejauh 13.000 kilometer untuk menemuinya. Ia hanya membawa dua power bank 60.000mAh, tenda, peralatan memasak, pakaian, dan beberapa perlengkapan hidup.

2 dari 3 halaman

Penuh Perjuangan

Di beberapa negara yang harga pangannya lebih tinggi, ia makan roti. Ia menggunakan perangkat lunak penerjemah untuk berkomunikasi dengan penduduk setempat.

Pada bulan Agustus, ia menderita demam tinggi di Armenia, dan pingsan di pinggir jalan. Ia pun dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan gratis.

Gong mengatakan perjalanannya membuatnya mendapatkan teman baru, dan membuatnya menjadi lebih sabar dan dewasa.

Ketika ia tiba di Arab Saudi pada tanggal 10 Oktober, Ronaldo berada di Eropa untuk sebuah pertandingan, tetapi staf di Al Nassr FC berjanji untuk mengatur pertemuannya selama satu menit dengan idolanya.

3 dari 3 halaman

Bertemu dengan Sang Idola

Pada tanggal 19 Oktober, penggemar Ronaldo dari China, yang dijuluki Apple, mentraktir Gong untuk menonton pertandingan antara Al Nassr dan Al Shabab, di mana Ronaldo juga bermain. Itulah pertama kalinya Gong melihat idolanya bermain dalam kehidupan nyata.

Dalam satu menit yang terasa "bagaikan mimpi", Gong mengatakan Ronaldo menjabat tangannya, memeluknya, dan menandatangani kaus Al Nassr No. 7, serta spanduk yang menuliskan nama teman-teman Gong dan kalimat, "Yang saya impikan adalah cinta sejati dan kebebasan."

Ia mengunggah video pertemuan mereka secara daring, dan berkata: "Saya telah bertemu pahlawan saya."

Gong mengatakan tujuan berikutnya adalah kampung halaman Ronaldo di Portugal.

"Bagaimana Anda bisa terlihat begitu tenang saat dia berada tepat di depan Anda? Saya akan pingsan karena kegembiraan dan akan terus mengatakan kepadanya tanpa henti betapa saya mencintainya," kata seorang pengguna media sosial kepada Gong.

"Pikiran saya benar-benar kosong," jawab Gong.