Sukses

Dubes Sergey Tolchenov: Latihan Gabungan Orruda Perkuat Kerja Sama Militer Bukan untuk Melawan Siapapun

Nama latihan gabungan Orruda RI-Rusia adalah akronim untuk simbol kedua negara, yakni elang Rusia (Oryol dalam bahasa Rusia) dan garuda Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Rusia untuk Indonesia Sergey Tolchenov menyebut latihan gabungan angkatan laut Orruda yang akan berlangsung pada November 2024 di pelabuhan Surabaya merupakan bentuk kerja sama militer kedua negara.

"Latihan gabungan Orruda merupakan langkah penting dalam kerja sama militer Rusia dengan Indonesia," kata Dubes Tolchenov dalam press briefing bersama awak media di kediamannya yang terletak di Jakarta Selatan pada Senin (28/10/2024).

"Kita akan memperkenalkan potensi pertahanan kita satu sama lain demi menemukan cara-cara yang mungkin dapat dilakukan secara bersama di masa depan."

Dalam pernyataannya, Dubes Tolchenov menyebut bahwa latihan gabungan ini bukan untuk melawan siapa pun, melainkan menggali potensi militer masing-masing pihak.

"Perlu dicatat, ini bukan kerja sama melawan siapa pun," kata Dubes Tolchenov.

Sekelompok kapal dari Armada Pasifik Rusia akan melakukan kunjungan persahabatan ke pelabuhan Surabaya. Dubes Tolchenov menyebut akan ada tiga korvet modern yang tiba di Indonesia.

Nama "Orruda" adalah akronim untuk simbol kedua negara, yakni elang Rusia (Oryol dalam bahasa Rusia) dan garuda Indonesia - raja burung dalam mitos.

"Elang ada di lambang Rusia dan garuda ada di lambang Indonesia. Semua orang akan melihatnya," kata Tolchenov.