Sukses

Singkirkan Gillard, Kevin Rudd Disumpah Lagi Jadi PM Australia

Kevin Rudd merebut kembali kursi PM dari Julia Gillard yang terpilih pada 2010 silam.

Kevin Rudd terpilih kembali menjadi Perdana Menteri Australia. Ia merebut kembali kursi PM dari Julia Gillard -- yang menyingkirkannya pada 2010 silam. Kini ia telah disumpah sebagai kepala pemerintahan baru Negeri Kanguru.

Seperti dilansir BBC, Kamis (27/6/2013), jabatan ini didapat Rudd karena memenangkan konvensi internal Partai Buruh. Dalam pemungutan suara pada Rabu 26 Juni tersebut, Rudd memperoleh 57 suara. Sedangkan sang incumbent Gillard memperoleh 45 suara.

Pemungutan suara ini terjadi tepat 3 tahun dan 2 hari setelah Julia Gillard menggusur Kevin Rudd dalam perebutan kekuasaan internal partai.

Dalam kepemimpinannya, Rudd bakal didampingi Anthony Albanese sebagai wakil perdana menteri. Meski demikian jabatannya ini tak lama. Sebab Pemilu nasional yang merupakan ajang pertarungan sengit antara Partai Buruh dan Partai Konservatif bakal digelar 14 September mendatang.

"Warga Australia sangat menantikan proses pemilu," kata Rudd yang sebelumnya juga pernah menjadi Perdana Menteri.

Sementara, Gillard menerima kekalahannya dan mengucapkan selamat atas kemenangan Rudd. Ia juga menegaskan dirinya tak bakal ikut pemilihan lagi di periode mendatang.  Akan mundur dari dunia politik.

"Tiga tahun lalu saya mendapat kehormatan yang sangat besar karena terpilih sebagai pemimpin Partai Buruh. Keistimewaan itu benar-benar menakjubkan," kenang Gillard yang juga menyebut dirinya bangga dengan sejumlah prestasi yang dicapai di masa pemerintahannya. (Riz/Ein)