Sukses

Kuil Wat Arun Bertahan Lantaran Peraturan yang Ketat

Thailand dikenal sebagai negara yang memiliki banyak kuil. Salah satu kuil yag terkenal dan masih terawat kelestariannya adalah Kuil Wat Arun.

Liputan6.com, Bangkok: Berkunjung ke Thailand, belum lengkap jika tidak mengunjungi kuil. Salah satu kuil yang ramai dikunjungi adalah Wat Arun atau Temple of Dawn. Baru-baru ini, SCTV mengunjungi kuil yang memiliki stupa setinggi 104 meter ini--paling tinggi dibanding stupa di kuil-kuil lainnya di Thailand.

Selain melakukan restorasi, pengelola kuil juga memberlakukan peraturan yang ketat bagi para wisatawan yang hendak mengambil foto. Peraturan ini terpampang di pintu maupun di dalam areal kuil. Para pemandu wisata juga diwajibkan mengingatkan para wisatawan untuk tidak sembarangan ketika berpose untuk foto. Selain itu, dua orang polisi turis bersiaga di kedua sisi kuil dan akan langsung menindak wisatawan yang melanggar.

Sanksi yang dikenakan kepada wisatawan yang melanggar adalah penyitaan kamera berikut film negatifnya. Berkat peraturan yang ketat, kuil yang didirikan Raja Thailand III ini hinga kini tetap terjaga keindahannya.(YYT/Eva Yunizar dan Yudhi Wibowo)