Sukses

Puluhan Napi El Salvador Ditumpuk di Sel `Kandang Hewan` Sempit

Ada lebih dari 30 napi yang mendekam di dalam sel sempit dengan lebar cuma 3,6 meter dan tinggi 4,5 meter.

Fenomena tak biasa terlihat di sebuah sel penjara di El Salvador. Ada sekelompok geng brutal di negara tersebut yang dipenjara dalam satu sel yang sempit sekali. Bahkan sangat kotor seperti kandang di peternakan hewan.

Hal tersebut terungkap baru-baru ini berkat laporan wartawan VICE yang dimuat Daily Mail, Jumat (30/8/2013). Jurnalis tersebut berhasil mendapatkan akses masuk untuk melihat langsung kondisi para tahanan tersebut.

Disebutkan, ada lebih dari 30 narapidana (napi) yang mendekam di dalam sel sempit dengan lebar cuma 3,6 meter dan tinggi 4,5 meter. Mereka semua adalah anggota senior geng terkenal El Salvador, yakni MS-13 dan M18.

Sedianya mereka hanya mendekam dalam sel tersebut selama 72 jam untuk kemudian dipindah ke penjara yang sebenarnya. Tapi faktanya, para napi bermukim di sel itu lebih dari 1 tahun.

Para napi tersebut adalah tersangka kasus pembunuhan dan tawuran antar-geng pada Maret 2012. Mereka juga kerap meresahkan warga atas ulah premanisme.

"Mereka telah terbukti melakukan kerusuhan yang sangat buruk," kata Ketua Mahkamah Agung El Salvador, Miguel Fortin.

Dari hasil wawancara dengan para tahanan, diketahui bahwa mereka tak mendapatkan makanan yang cukup. Juga tak bisa tidur dengan nyenyak. Melonjorkan badan pun tak bisa saking sempitnya sel penjara tersebut.

Terlepas dari kejahatan yang dilakukan, penahanan para napi di sel sempit tersebut sangat tidak dibenarkan. Tidak sesuai perikemanusiaan. Banyak pengamat dan warga yang memprotes pemerintah lewat jejaring sosial.

"Polisi tidak menjalankan aturan," kata warga, Max Hondlik dalam lansiran VICE. (Riz/Ein)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini