Sukses

Kakek 58 Tahun yang Selamat dari Andes Dituduh Mencabuli Bocah

Raul Fernando Gomez Circunegui mampu bertahan hidup di Pegunungan Andes. Makan tikus dan rumput.

Raul Fernando Gomez Circunegui dielu-elukan sebagai 'survivor'. Pria 58 tahun itu mampu bertahan hidup selama hampir 4 bulan di Andes, di tengah suhu udara teramat dingin di ketinggian 4.500 meter, makan tikus dan rumput demi bertahan hidup.

Setelah helikopter militer Argentina yang ditugasnya mengukur salju di Andes menyelamatkannya Minggu lalu, aparat menyebut penyelamatan itu sebagai sebuah 'keajaiban'. Ia yang dinyatakan hilang selama berbulan-bulan ditemukan dalam kondisi selamat, meski kurus kering.

Namun, Gomez yang adalah warga negara Uruguay, mungkin punya alasan untuk bersembunyi.

Sehari setelah penyelamatan dramatisnya di kawasan terpencil di Provinsi San Juan, Argentina, dekat perbatasan Chile, aparat negeri tetangga menguak masa lalunya.

Menurut jaksa di Chile, Gomez menjadi buron negaranya dalam kasus dugaan terlibat pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur. Aparat menyebut, mereka membuka penyelidikan April lalu, setelah ibu dari seorang bocah laki-laki menuding Gomez melecehkan putranya.

Hakim setempat pun bertindak, mengeluarkan perintah penangkapan dan penahanan, serta melarang Gomez melakukan kontak dengan terduga korban.

Hanya seminggu setelah penyelidikan dimulai, Gomez hilang. Pemerintah Cile pun mengeluarkan surat perintah penangkapan secara nasional pada  17 Juli 2013, karena ia berkali-kali tidak memenuhi panggilan pengadilan.

Media lokal melaporkan bahwa Gomez meninggalkan Chile mengendarai sepeda motor dan terus bergerak melalui Andes. Namun, di tengah jalan motornya rusak.

Kini Gomez menjadi tahanan kepolisian sembari menjalani perawatan di rumah sakit di Argentina. Demikian dikabarkan kantor berita Argentina, Telam, seperti dikutip CNN, Rabu, (11/9/2013).

Pemerintah Chile mengatakan, mereka telah mengajukan permintaan ekstradisi Gomez. Namun, istri dan anak Gomez membantah tuduhan itu. Mereka mengklaim, kasus itu hanya kesalahpahaman semata.

"Seperti yang Anda lihat, tidak ada masalah di sini. Jika ada, ia pasti dikelilingi oleh polisi. Kasus itu sudah diberhentikan," kata putrinya, Paula Gomez.

Dia menambahkan, kasus pelecehan seksual yang dituduhkan pada Gomez di Uruguay juga tidak terbukti kebenarannya. Sementara, seorang dokter yang merawat Gomez mengatakan, pasiennya dalam kondisi baik.

"Biasanya saat merawat pasien yang selamat dalam waktu lama dalam kondisi suhu udara beku, mereka biasanya kehilangan satu atau dua jari karena radang dingin," kata Dr. Leonardo Gutierrez. "Lainnya biasanya menderita malnutrisi parah, sementara ia baik-baik saja." (Ein/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.