Sukses

Ilmuwan Brasil Dapat Mengubah Sampah Menjadi Biogas

Sampah di Brasil kini tidak menjadi masalah lagi. Sejumlah ilmuwan di sana berhasil mengubah gas metana yang dihasilkan dalam proses pembusukan menjadi energi listrik.

Liputan6.com, Rio de Janeiro: Sejumlah ilmuwan Brasil menemukan cara mengatasi tumpukan sampah di tempat pembuangan akhir dengan mengubahnya menjadi energi gas metana. Para ilmuwan dari Federal University Rio de Janeiro ini dapat memanfaatkan gas metana tersebut menjadi energi listrik.

Setiap harinya warga Rio de Janeiro menghasilkan 8.000 ton sampah rumah tangga. Sampah tersebut dibawa dengan truk pengangkut ke pembuangan akhir yang terletak di pinggiran kota. Di kawasan Jardim Gramacho misalnya, sampah yang semakin meninggi menimbulkan masalah baru.

Namun, dengan penemuan para ilmuwan, sampah tersebut kini malah bermanfaat. Untuk menghimpun gas metana, sejumlah pipa dipasang di bawah permukaan area lokasi tempat pembuangan akhir. Total volume gas metana yang terbuang di tempat pembuangan sampah akhir di Brasil diperkirakan mencapai satu miliar kubik per tahun. Jika digunakan menjadi energi, gas metana itu mampu mengalirkan arus listrik untuk 25 juta unit rumah penduduk.(YYT/Idr)