Sukses

Kenya Umumkan Identitas 4 Penyerang Mal

Mayor Jenderal Emmanuel Chirchir memastikan mereka sebagai teroris.

Identitas beberapa penyerang Mal Westgate di Nairobi, Kenya, terungkap. Militer Kenya mengumumkan nama 4 pria yang menjadi aktor penyerangan berdarah 2 pekan silam yang menewaskan 67 orang.

Seperti dikutip dari BBC, Minggu (6/10/2013), Kenya berhasil mengidentifikasinya berkat rekaman kamera CCTV dari dalam mal. Dalam rekaman, 4 penyerang terlihat dengan tenang berjalan di sebuah gudang mal Westgate sambil memegang senapan mesin.

Juru bicara militer menyatakan, 4 nama tersebut adalah Abu Baara al-Sudani, Omar Nabhan, Khattab al-Kene, dan Umayr. Menurut Mayor Jenderal Emmanuel Chirchir, mereka dipastikan sebagai teroris.

"Saya tegaskan mereka adalah teroris," kata Emmanuel.

Dalam laporan sejumlah media Kenya, 2 di antaranya memiliki kaitan dengan Al-Qaeda. Sementara pria ketiga terlibat dalam kegiatan kelompok militan Al Shabab, yang sudah mengklaim melakukan serangan di mal tersebut.

Al-Shabab diketahui sebagai kelompok binaan dan terkait Al Qaeda di negara tetangga Somalia. Kelompok tersebut mengatakan menyerang mal sebagai balasan atas keikutsertaan Kenya di Somalia pada 2011 yang ditujukan untuk menumpas kelompok-kelompok militan.

Pada Sabtu 5 Oktober kemarin, pasukan tak dikenal melancarkan serangan dari laut terhadap markas Al Shabaab di bagian selatan Barawe, Somalia. (Riz/Yus)