Sukses

Mahkota Emas Patung Perawan Rp 3 Miliar Dicuri

Selain sebagai simbol dan menjadi kebanggaan kota, Patung Perawan Copacabana juga menarik perhatian para wisatawan.

Mahkota emas Patung Perawan Copacabana di Bolivia dicuri seseorang. Pemerintah setempat tengah menyelidiki kasus pencurian ini.

Seperti dimuat News.com.au, Sabtu (19/10/2013), mahkota patung kebanggaan Kota Titicaca itu sangat berharga. Selain sebagai simbol kota, harganya juga fantastis, yakni US$ Rp 310 ribu atau sekitar Rp 3,5 miliar.

"Ini musibah buat kami. Kita semua takut menerima hukuman dari para leluhur atas hilangnya patung ini," kata warga sekitar, Eduardo Catata.

Selain sebagai simbol dan menjadi kebanggaan kota, Patung Perawan Copacabana juga menarik perhatian para wisatawan. Kota mendapat banyak pemasukan dari turis. Namun kini ada bagian yang hilang dari patung itu.

"Kami tengah mencarinya. Patung harus tetap disematkan perhiasan dan pencuri mesti ditangkap," ujar warga lain, Rosmery.

Pencurian ini bukanlah yang kali pertama. Sebelumnya seorang pendeta bernama Cortez ditangkap karena mencuri lebih dari 20 perhiasan emas patung santo pelindung negara itu.

Cortez didakwa pada Rabu 24 Juli 2013 lalu. Sementara enam tersangka lain sedang diselidiki. Hakim telah memerintahkan pendeta berusia 34 tahun ini dipenjara karena perbuatannya. (Riz)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini