Sukses

Tak Ada Korban di Mal New Jersey, Penembak Kabur?

Tak ada tanda-tanda keberadaan penembak. Sepertinya si penembak telah melarikan diri usai melepaskan tembakan.

Seorang pria bersenjata yang disebut-sebut berpakaian hitam dan mengenakan helm sepeda motor melepaskan tembakan pada Senin malam di pusat perbelanjaan populer di utara New Jersey. Tapi anehnya, tidak ada yang terluka dalam insiden penembakan tersebut.

"Penembak tampaknya melarikan diri dari kompleks mal, ketika sekitar 200 polisi menyisir mal," ungkap salah satu polisi dan saksi mata seperti ditulis situs berita CBS News yang dimuat Liputan6.com, Selasa (5/11/2013).

Saksi mata yang tak disebutkan identitasnya itu mengatakan, beberapa tembakan dilepaskan di Westfield Garden State Plaza di Paramus sekitar pukul 21.20 malam waktu setempat atau pukul 09.20 pagi WIB, sesaat sebelum penutupan toko. Polisi kemudian menemukan satu selongsong peluru.

Walikota Paramus, Richard LaBarbiera mengatakan, insiden penembakan Senin malam itu tidak menelan korban jiwa maupun cedera. Polisi juga telah yakin penembaknya telah meninggalkan mal populer itu.

"Tidak ada satu pun yang terluka. Semua orang tidak hanya baik-baik saja, tetapi mereka berada di tangan yang tepat," kata Walikota Richard.

Kendati demikian, pihak berwenang mendesak masyarakat untuk menjauh dari mal itu untuk sementara waktu. Hal itu dilakukan agar kejadian serupa tak terulang lagi.

"Laki-laki itu memasuki Garden State Plaza dan menembakkan beberapa tembakan ketika pusat perbelanjaan masih buka. Dia berpakaian hitam, mengenakan apa yang diyakini sebagai helm sepeda motor. Jenis senjatanya belum diketahui pasti. Tidak ada tembakan lagi ditembakkan, dan tidak ada yang cedera," kata Kepala polisi Paramus Kenneth Ehrenberg dalam sebuah pernyataannya.

"Banyak pelanggan dan karyawan masih dalam mal yang dikepung," ungkap Kenneth.

Insiden penembakan itu, sambung Kenneth, adalah pemandangan yang mengerikan bagi pembeli dan karyawan toko. Ketika tembakan terdengar, keamanan mal bergegas menyusuri lorong tingkat kedua dan memberitahu orang-orang untuk keluar dari mal atau akan mati.

Setelah berita penembakan di mal itu tersebar, 200 polisi langsung meluncur ke lokasi yang berada sekitar 20 km sebelah barat laut dari Manhattan. Mal itu dengan sekejap telah dikepung petugas keamanan, kemudian para pengunjung dievakuasi, sementara yang lainnya masih ada yang bersembunyi di dalam toko.

Menurut keterangan saksi mata kepada CBS New York, pria bersenjata itu menenteng senapan serbu dan berjalan keliling mal berbalut pelindung tubuh anti peluru dan penutup kepala seperti helm sepeda motor.

Sosok penembak itu juga dibenarkan oleh saksi mata wanita yang bekerja di sebuah toko di mal itu.

"Aku melihat dia berjalan melewati pintu toko kami, dan ia berhenti sejenak hanya melihat ke dalam toko. Dan ia menembakkan dua (tembakan). Dia mengenakan pakaian serba hitam dari kepala sampai kaki dengan helm. Aku melihatnya seperti mengenakan helm sepeda motor. Aku kaku. Aku tidak ingin kabur, karena dia mungkin akan mengejarku. Aku hanya berdiri di sana (dalam toko)," tutur wanita yang tak disebutkan identitasnya.

Sementara saksi lain yang berkicau melalui akun Twitter mengatakan, penembakan terjadi di Nordstrom department store di lantai 2.

"Saat aku sedang menutup toko, aku mendengar suara keras seperti ledakan. Aku tidak pernah mendengar suara tembakan sebelumnya," kata seorang karyawan di toko Michael Kors bernama Adam kepada radio 880 WCBS.

"Aku sedang melayani pelanggan yang berbelanja, dan ia (pelangganku) berlari kembali ke toko dan mengatakan, 'Seseorang memiliki senjata'. Jadi otomatis saya bergegas mengunci pintu toko dan mengatakan kepada staf untuk pergi ke belakang dengan pelanggan yang ada di dalam toko," ujar Adam.

Pusat Perbelanjaan Elite

Dilansir dari berbagai sumber, Westfield Garden State Plaza merupakan pusat perbelanjaan elite alias kelas atas yang terletak di Paramus, New Jersey, Amerika Serikat. Pusat perbelanjaan itu dimiliki dan dikelola oleh Grup Westfield.

Salah satu mal populer di New Jersey itu terletak di persimpangan Route 4 dan Route 17, di dekat Garden State Parkway. Luas mal tersebut berkisar 196,835.3 m2.

Westfield Garden State Plaza adalah mal terbesar di New Jersey, dan merupakan pusat perbelanjaan pertama berskala besar yang dibangun di New Jersey.

Jika di New Jersey menjadi nomor satu, Westfield Garden State Plaza tercatat sebagai mal terbesar di urutan ketiga di New York City Metropolitan Area. Sementara di Amerika Serikat, mal itu berada di peringkat 15. Mal itu juga salah satu mal yang memiliki pendapatan tertinggi di Amerika Serikat.

Di mal tersebut terdapat toko-toko ternama seperti JC Penney, Lord & Taylor, Macy, Neiman Marcus, dan Nordstrom. (Tnt/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini