Sukses

Korban Topan Haiyan Harus Jalan 2 Km Demi Air

Warga harus berjalan hampir 2 kilometer untuk mendapatkan air untuk mandi cuci kakus (MCK).

Bencana Topan Haiyan yang terjadi pada 2 pekan lalu membuat kota Tacloban, Filipina rusak parah. Infrastruktur pun hancur berantakan dan menyebabkan kota lumpuh total. Warga yang mau melakukan aktivitas mandi cuci kakus (MCK) saja kesulitan.

Pantauan Liputan6.com, Jumat (22/11/2013), di jalan Zamora, banyak warga yang mencuci barang-barangnya baik pakaian, sofa, lemari dan lainnya. Karena rumahnya hancur, mereka mencuci di jalan-jalan yang telah dibersihkan dari puing-puing.

Sedangkan di desa Fatima, warga harus berjalan hampir 2 kilometer untuk mendapatkan air untuk MCK. Di sini hampir semua rumah hancur oleh angin kencang yang disebut warga lokal Topan Yolanda.

Untuk tinggal, warga pun membangun tenda-tenda di jalanan. "Di desa Fatima hanya ada 3 pompa air manual. Itu pun harus antra," ucap salah satu korban, Jannete. (Mut/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.