Sukses

Jumlah Anggota Uni Eropa Menjadi 25 Negara

Meja bundar di Brussel diperbesar untuk menyambut 10 anggota baru Uni Eropa. Estonia, Latvia, Lituania, Polandia, Republik Ceko, Hungaria, Slovania, Slovakia, Siprus dan Malta bergabung dengan Uni Eropa.

Liputan6.com, Brussel: Sebanyak 10 negara baru dari Eropa Selatan hingga Eropa Timur bergabung menjadi anggota Uni Eropa, tahun ini. Dengan demikian jumlah anggota organisasi negara-negara di benua Eropa itu menjadi 25 negara. Karena keanggotaannya terus berkembang, baru-baru ini, meja bundar pertemuan Uni Eropa di Brussel, Belgia, pun diperbesar.

Rencananya, Bulgaria, Rumania, dan Turki akan bergabung beberapa saat lagi. Selain itu Macedonia juga berencana menjadi anggota Uni Eropa [baca: Rongsokan Pesawat Presiden Trajkovski Ditemukan]. Perdana Menteri Macedonia Branko Crvenkovski menemui Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Javier Solana di Kota Skopje. Pertemuannya ini bermaksud menerima aplikasi dari Crvenkovski untuk keanggotaan Macedonia dalam Uni Eropa, menyusul kabar kematian Presiden Trajkovski.

Ke-10 negara yang bergabung itu adalah tiga negara Baltik, yaitu Estonia, Latvia dan Lituania, Polandia, Republik Ceko, Hungaria, Slovania, Slovakia, serta Siprus dan Malta. Berdasar informasi yang dihimpun Liputan6.com, sebelum bergabung, ke-10 negara ini bertemu dengan para pemimpin 15 Uni Eropa yang sebelumnya telah bergabung. Mereka merundingkan masalah rumit seperti subsidi pertanian serta bantuan dana kepada negara-negara miskin. Para anggota baru ini sudah dinyatakan bergabung dalam KTT Uni Eropa di Kopenhagen, Denmark, Desember 2002.

Asal tahu saja, sebelumnya Polandia pernah tidak diperbolehkan menjadi anggota karena masih menghadapi masalah besar di sektor pertanian. Tentu saja Polandia yang berpenduduk sekitar 38-an juta jiwa ini tidak menerima hal tersebut. Akhirnya pemerintah Polandia--seperti calon-calon anggota lainnya--menerapkan serangkaian reformasi, supaya bisa memenuhi syarat-syarat yang ditentukan agar bisa menjadi anggota Uni Eropa.

Sementara itu Denmark, Irlandia, dan Inggris menjadi anggota Uni Eropa sejak 1973. Kemudian Yunani menyusul pada 1981, diikuti Spanyol dan Portugal pada 1986. Sedangkan Austria, Finlandia, dan Swedia bergabung sejak 1985.(DNP/Yoh)
    Video Terkini