Sukses

Pelukis Malaysia Melukis di Dalam Air

Kegiatan itu digelar untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap karang dan kehidupan di bawah laut. Hasil lukisan akan dipajang di Galeri Seni Nasional Malaysia di Kuala Lumpur.

Liputan6.com, Lang Tengah: Sebanyak 40 pelukis dari Malaysia mencetak rekor dunia melukis di kedalaman Laut Cina Selatan, baru-baru ini. Peserta yang terdiri dari pelukis profesional dan amatir itu membutuhkan waktu lima jam untuk menyelesaikan lukisan dengan kanvas sepanjang 36 meter. Aksi yang diorganisir Lembaga Konservasi Karang Malaysia (Coral) ini diadakan sebagai peringatan Hari Bumi yang jatuh pada 22 April setiap tahunnya.

Kegiatan ini diselenggarakan di Kepulauan Lang Tengah, selatan Provinsi Trengganu. Lang Tengah dikenal sebagai salah satu lokasi terbaik untuk menyelam. Lukisan sepanjang 36 meter ini diselesaikan dalam tiga sesi penyelaman. Sesi pertama dilakukan oleh tujuh penyelam sekaligus pelukis profesional. Selanjutnya dilakukan pelukis amatir. Dan terakhir mereka bersama-sama menyelam dan melukis di kedalaman 15 meter.

Mereka melukis panorama keindahan karang dan kehidupan di bawah laut. Beberapa dari mereka melukis obyek imajinasi, seperti Putri Duyung dan kapal yang karam. Para penyelam mengaku sangat senang mengikuti acara tersebut karena kegiatan itu sangat berbeda dari menyelam biasa. Bagi Coral, kegiatan ini bukan cuma untuk membuat rekor tetapi untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap karang dan kehidupan di bawah laut serta membuat olah raga menyelam lebih menarik. Hasil lukisan bawah air ini rencananya akan dipajang di Galeri Seni Nasional Malaysia di Kuala Lumpur.(DEN/Ijx)
    Video Terkini