Sukses

Malaysia Mewaspadai Flu Burung

Pemerintah Malaysia menyatakan keadaan waspada terhadap wabah penyakit flu burung. Keputusan itu dikeluarkan menyusul ditemukannya penyakit akibat virus H5N1 di Desa Pasir Pekan, sebelah utara Malaysia.

Liputan6.com, Kuala Lumpur: Pemerintah Malaysia melalui Sekretaris Jenderal Departemen Pertanian Abi Musa Asa`ari menyatakan keadaan waspada terhadap wabah penyakit flu burung. Keadaan waspada diberlakukan setelah pejabat Departemen Pertanian Malaysia memastikan adanya penyakit akibat virus H5N1 di Desa Pasir Pekan, sebelah utara Malaysia yang berbatasan dengan Thailand.

Meski wabah flu burung sangat cepat menular, Abi Musa yakin bahwa penyakit itu hanya akan berjangkit di Pasir Pekan. Ia juga menegaskan bahwa tidak ada warga Pasir Pekan yang sakit akibat wabah itu. Karena itu, Abi Musa yakin jika varian ini tidak menulari manusia.

Malaysia yakin jika flu burung kali ini muncul akibat infeksi lintas batas dengan Thailand. Namun, Malaysia belum memastikan asal penyakit itu karena pengamanan di sepanjang perbatasan Thailand sudah diperketat untuk mencegah penyelundupan unggas. Untuk mencegah meluasnya penyakit ini, sekitar 200 ekor ayam, bebek, dan berbagai unggas lain telah dimusnahkan.

Seperti diketahui, Virus H5N1 telah menewaskan 16 orang di Vietnam dan delapan lainnya di Thailand pada awal tahun ini serta menyebabkan pemusnahan massal ternak unggas [baca: Pemerintah Thailand Menginstruksikan Pemusnahan Massal Unggas]. Beberapa pekan terakhir, wabah flu burung kembali terdeteksi di sejumlah peternakan unggas di beberapa negara Asia.(TOZ/Rcm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini