Sukses

Gorbachev Berulang Tahun

Mikail Gorbachev akan merayakan ulang tahun ke-70 pada tanggal 9 Maret mendatang. Selain pesta, ulang tahun Gorbachev juga diisi dengan penerbitan buku ucapan selamat ulang tahun.

Liputan6.com, Moskow: Mantan pemimpin Uni Soviet Mikail Gorbachev tampak sibuk. Maklum, 9 Maret mendatang dia akan merayakan hari ulang tahunnya yang ke-70. Rencananya perayaan ulang tahun tokoh perestroika di Soviet itu juga akan dibarengi dengan peluncuran buku berisi ucapan selamat dari sejumlah pemimpin dunia.

Penerbitan buku tersebut diprakarsai oleh Yayasan Politik Gorbachev. Sedangkan ucapan selamat yang terdapat dalam buku itu di antaranya datang dari mantan Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan dan George Bush Senior. Selain itu, mantan Kanselir Jerman Helmut Kohl dan mantan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher juga menorehkan sebait kata-kata pada buku tersebut. Ucapan selamat ulang tahun juga datang dari Presiden Rusia Vladimir Putin yang disampaikan Dinas Pers Kremlin.

Sementara, nama Gorbachev mulai mencuat sejak menggagas kampanye perestroika atau restrukturisasi pada tahun 1980-an. Selain itu, Gorbachev juga melemparkan ide glasnost atau keterbukaan di Negeri Tirai Besi tersebut. Maklum, saat itu Gorbachev sangat berambisi menegakkan reformasi di Uni Soviet yang masih dikuasai Partai Komunis. Alhasil, selama memimpin Uni Soviet, penyandang penghargaan nobel perdamaian itu berhasil membimbing warga Soviet untuk lebih terbuka pada hal-hal tabu.(ICH/Ula)