Sukses

Celebrex Meningkatkan Risiko Gangguan Jantung

Obat Celebrex produksi Pfizer terbukti meningkatkan risiko gangguan jantung. Pengumuman Pfizer Incorporated ini mengakibatkan harga saham perusahaan farmasi tersebut di Lantai Bursa New York jatuh.

Liputan6.com, New York: Perusahaan farmasi Amerika Serikat Pfizer memberikan pernyataan, baru-baru ini, bahwa obat penghilang rasa sakit merek Celebrex terbukti meningkatkan risiko gangguan jantung. Bukti ini terungkap berdasarkan sebuah uji coba yang dilakukan sendiri oleh perusahaan itu.

Selama ini, Celebrex mendapat lisensi di AS sebagai obat penghilang rasa sakit seperti radang persendian tulang. Namun, sebuah penelitian mutakhir menyebutkan obat itu justru meningkatkan risiko penyakit jantung. Pengumuman Pfizer Incorporated ini membuat harga saham perusahaan itu jatuh sebanyak US$ 4,37 atau 15 persen menjadi US$ 24,61 di lantai bursa.

Celebrex berada dalam kelas cox-two inhibitors atau kategori yang sama dengan obat penghilang rasa sakit lain, seperti Vioxx produksi Merck. September silam, Vioxx ditarik dari pasar akibat laporan serupa. Obat itu dapat meningkatkan risiko jantung dan stroke jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Satu obat lain produksi Pfizer, Bextra, saat ini juga sedang mendapat sorotan dari Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat. Obat ini juga dicurigai mengakibatkan efek samping yang membahayakan konsumen.(YYT/Nlg)
    Video Terkini