Sukses

Qrio, Robot Maskot Sony

Sekilas robot setinggi setengah meter dengan berat tujuh kilogram itu terlihat seperti layaknya mainan robot biasa. Tapi, Qrio diklaim mampu melakukan hampir semua tindakan manusia, termasuk berdansa dan bermain golf.

Liputan6.com, Tokyo: Produsen elektronik Jepang, Sony, tidak mau kalah dari dalam mengembangkan teknologi robotik. Salah satu perusahaan raksasa elektronik itu meluncurkan maskot terbarunya, Qrio. Acara berlangsung di Tokyo, Jepang, baru-baru ini. Qrio diambil dari moto Sony, the quest of curiosity atau pencarian untuk memuaskan rasa ingin tahu.

Sekilas robot setinggi setengah meter dengan berat tujuh kilogram itu terlihat seperti layaknya mainan robot biasa. Ternyata, Qrio bukanlah sekadar mainan robot. Ia diklaim mampu melakukan hampir semua tindakan manusia, termasuk berdansa dan bermain golf. Bahkan, Qrio juga mampu menampilkan jurus-jurus bela diri Cina.

Sony berencana meluncurkan Qrio untuk masyarakat luas setelah dilakukan pengembangan lebih lanjut, antara lain memberikan kemampuan untuk beraksi di lingkungan tiga dimensi. Qrio juga nantinya bisa mengurus kegiatan rumah tangga. Hal itu bisa dilakukan setelah Sony meningkatkan kemampuan komputerisasi Qrio menjadi satu teraflops atau setara dengan kemampuan 250 komputer. Yang pasti dengan kemampuan serba bisa itu, harga Qrio nanti dipastikan sangat mahal.

Teknologi robot terus berkembang dan semakin canggih. Belum lama ini, sebuah robot anjing penjaga rumah diperkenalkan sebuah perusahaan peralatan keamanan asal Jepang, Tsmuk. Robot yang diperkenalkan ke publik di Tokyo, itu dapat langsung menghubungi si pemilik rumah melalui telepon kamera bahkan mengirim langsung wajah si pencuri [baca: Robot Anjing Penjaga Rumah Terbaru dari Jepang]. Robot anjing ini pun dapat mengecek keadaan hewan peliharaan, anak-anak di bawah lima tahun (balita) yang tinggal di dalam rumah.(DEN/Yoh)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.