Sukses

Awan Beracun Akibat Kebocoran Asam Mengancam Swedia

Warga Kota Helsingborg, Swedia, terpaksa berdiam di dalam rumah untuk menghindari awan gas beracun. Awan itu muncul akibat tumpahan 11 ribu ton asam sulfur di Pabrik Kimia Kemira.

Liputan6.com, Helsingborg: Sebuah kecelakaan yang terjadi di Pabrik Kimia Kemira menimbulkan awan gas beracun di atas Kota Helsingborg, Swedia, Jumat (4/2). Awan itu memaksa warga setempat berdiam di dalam rumah. Warga disarankan untuk menempati ruang yang paling sedikit mengandung udara dan tak berada di loteng.

Awan itu muncul setelah 11 ribu ton asam sulfur atau setara dengan muatan 300 truk tumpah saat proses bongkar muat ke atas kapal di pelabuhan Helsingborg. Sebagian asam itu masuk ke laut dan menyebabkan reaksi kimia. Air laut mendidih dan menciptakan uap atau asap.

Menurut polisi, tak ada korban jiwa berkaitan dengan peristiwa ini. Namun, enam orang harus dilarikan ke rumah sakit karena masalah pernapasan. Insiden ini juga menyebabkan pelabuhan ditutup dan semua lalu lintas termasuk feri dihentikan.

Tiga jam kemudian, pejabat setempat mengumumkan warga telah aman jika ingin meninggalkan rumah. Itu karena awan gas beracun tak lagi bergerak menuju daerah padat permukiman. Awan tetap berada pada radius satu kilometer dari pabrik.(TOZ/Uri)