Sukses

Shanghai Motor Show XI Resmi Dibuka

Pameran kendaraan bermotor roda empat terbesar di Asia, Shanghai Motor Show XI ini diikuti sejumlah produsen otomotif ternama di dunia. Cina saat ini dianggap sebagai pangsa pasar potensial produk otomotif.

Liputan6.com, Shanghai: Pameran kendaraan bermotor roda empat terbesar di Asia, Shanghai Motor Show XI di Shanghai, Cina, resmi dibuka, Kamis (21/4). Pameran otomotif bertaraf internasional ini diikuti produsen-produsen otomotif ternama di dunia di antaranya Amerika Serikat, Eropa, dan Jepang. Banyaknya produsen otomotif Eropa yang berpartisipasi dalam pameran ini menunjukkan bahwa Cina saat ini menjadi pangsa pasar potensial dan strategis bagi produk mereka.

Untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir, industri kendaraan bermotor khususnya mobil nasional Cina meningkat tajam dan menjadi pesaing yang patut diperhitungkan industri mobil Eropa. Meski ada penurunan pada pertengahan tahun kemarin, penjualan kendaraan niaga di Cina diramalkan akan meningkat 12 persen tahun ini. Sementara di 2003 mencapai 75 persen.

Meningkatnya penjualan mobil di Cina dikarenakan mudahnya masyarakat dalam mengambil kredit serta bertambahnya jumlah orang-orang kaya di sana. Karena itu, Negeri Tirai Bambu tercatat sebagai negara pengkonsumsi bahan bakar minyak kedua terbesar setelah AS. Sektor otomotif di Cina menelan sedikitnya sepertiga dari konsumsi bahan bakar negara itu.(ORS/Indra)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.