Sukses

Yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Bila Ogah Minum Susu

Ibu hamil dianjurkan mengonsumsi susu untuk memenuhi asupan nutrisinya. Namun, ada juga wanita yang enggan melakukannya

Liputan6.com, Jakarta Ibu hamil dianjurkan mengonsumsi susu untuk memenuhi asupan nutrisinya. Namun, ada juga wanita yang enggan melakukannya. Jika sudah seperti ini, apa yang harus dilakukan?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memberi informasi lebih lanjut tentang manfaat dari susu kehamilan itu sendiri. Selanjutnya, tanyakan pada calon ibu itu bagaimana kecukupan makannya selama ini.

"Tanyakan pada wanita itu, bagaimana komposisi makannya per hari? Jika kurang dari ketentuan yang sebenarnya, maka ada baiknya untuk mengonsumsi susu kehamilan," kata Dokter Spesialis Kandungan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Dr. Febriansyah Darus, SpOG(K) menjelaskan 'Kesiapan Nutrisi Serta Dukungan Tepat Sejak Persiapan Kehamilan Penting Untuk Kesehatan Masa Depan' di Rumah Imam Bonjol, Jalan Imam Bonjol No. 66, Menteng, Jakarta, ditulis Selasa (25/2/2014)

Selama masa kehamilan, ada beberapa mitos yang berkembang, seperti wanita hamil diharuskan untuk makan dua kali lebih banyak dari biasanya. Padahal, mitos itu salah sama sekali. Benarnya, variasikan makanan yang masuk dengan jumlah yang wajar. "Makanan yang masuk tidak harus dalam jumlah banyak, tapi harus memvariasikan makannya. Sehingga komposisi gizinya terpenuhi semua," kata Febriansyah menambahkan.

Untuk itu, makan besar sebanyak tiga kali ditambah dua kali makan makanan ringan dirasa sudah cukup. Jangan sampai karena mitos itu, membuat wanita makan lebih banyak, yang membuatnya susah untuk keluar dari rumah sakit karena kegemukkan.

Dan jika ibu hamil tidak yakin cakupan nutrisi serta gizi yang masuk sudah memenuhi syarat, ada baiknya untuk diimbangi dengan mengonsumsi susu.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.