Sukses

Pria Pakai Masker Karena Berjenggot dan Berjerawat?

Banyak orang yang memakai masker tak peduli itu pria atau perempuan. Dan pengguna pria memiliki alasan unik selain kesehatan.

Liputan6.com, Tokyo Masker bedah kini tak hanya digunakan saat di rumah sakit. Banyak orang yang memakai masker tak peduli itu pria atau perempuan.  Dan pengguna pria memiliki alasan unik selain kesehatan.

Sebuah jajak pendapat terbaru di Jepang My Navi News menemukan, penggunaan masker untuk alasan bukan kesehatan lebih banyak pada perempuan. Sebanyak 31,3 persen dari 300 responden perempuan mengaku melakukannya. Sedangkan pada pria sekitar setengahnya yakni 16,7 persen memakai masker yang tak ada hubungannya dengan penyakit.

Di Jepang, 86 persen masker yang dijual tipenya sekali pakai.

Satu dari lima pria memiliki alasan unik memakai masker. Mirip dengan perempuan, pria juga ingin menyembunyikan wajahnya khususnya ketika mereka belum bercukur sehingga banyak rambut di wajahnya. Pria lainnya mengaku memakai masker untuk menutupi jerawat.

"Jika saya punya banyak rambut (di wajah), daripada ke toko untuk mencukur, saya memakai masker sebagai gantinya," kata seorang pria.

Seorang pria berusia 24 tahun mengaku memakai masker untuk tujuan unik yakni melindunginya dari privasi online.

"Ketika saya pergi ke tempat ramai seperti pameran mobil, ada kemungkinan saya akan berakhir difoto pengunjung lain, dan kemudian foto saya ada di dalam blog seseorang," kata pria itu dengan cemas seperti dikutip RocketNews, Rabu (26/2/2014).

Seorang pria lainnya lebih memilih tanpa masker kecuali benar-benar diperlukan karena khawatir membuat napasnyab berbau.

(Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.