Sukses

Anak-anak yang Punya Televisi di Kamar Lebih Gemuk

Anak-anak yang memiliki televisi di kamarnya membuatnya menjadi gemuk. Bahkan, jika anak-anak itu jarang menonton.

Liputan6.com, London Orangtua zaman sekarang banyak yang menyediakan fasilitas televisi di kamar anaknya. Padahal, memiliki televisi di kamar membuat anak gemuk. Bahkan, jika anak-anak itu jarang menonton.

Peringatan tersebut dikeluarkan para peneliti dalam jurnal JAMA Pediatrics seperti dilansir MailOnline, Selasa (4/3/2014).

Peneliti menemukan, anak-anak usia 10 sampai 14 tahun dnegan televisi di kamar tidurnya beratnya kelebihan 0,4 kilogram dibanding anak-anak yang tak memiliki televisi di kamar.

Penelitian ini menggunakan survei telepon pada tahun 2003 terhadap 6.522 laki-laki dan perempuan berusia 10 sampai 14 tahun. Responden ditanyakan tentang televisi di kamar tidur, dengan tiga dari lima anak memiliki TV di kamar mereka .

Berat badan ini tak berhubungan dengan seberapa lama anak-anak menghabiskan waktunya untuk menonton. Diane Gilbert -Diamond, dari Geisel School of Medicine di Dartmouth, Lebanon, menjelaskan mungkin ini semua disebabkan pola tidur yang terganggu atau sering melihat iklan makanan yang ditujukan untuk anak-anak.

"Studi ini menunjukkan bahwa mengeluarkan televisi dari kamar mungkin menjadi langkah penting dalam melawan obesitas anak," kata Diane.

Dengan temuan tersebut, peneliti menyerukan agar dilakukan penelitian lebih lanjut tentang efek media elektronik seperti tablet, laptop terhadap kesehatan anak-anak.