Sukses

Jojon Sakit Asma atau Jantung, Samakah Gejalanya?

Informasi tentang penyakit yang diderita pelawak Jojon simpang siur. Apakah sama gejala asma dan serangan jantung?

Liputan6.com, Jakarta Komedian Djuhri Masdjan dengan nama beken Jojon meninggal dunia Kamis pagi 6 Maret 2014 pukul 06.10 WIB. Informasi tentang penyakit yang dideritanya simpang siur. Ada yang mengatakan asma dan ada pula serangan jantung. Apakah asma dan serangan jantung memiliki gejala yang sama?

Spesialis Jantung RS Jantung Harapan Kita, Dr dr Anwar Santoso, SpJP, FIHA, PhD, menjelaskan, tak semua gejala jantung dan asma sama karena ada perbedaannya. Namun, saat serangan jantung ada orang yang mengalami sesak napas.

"Gejala utama serangan jantung itu bukan sesak napas tapi nyeri dada di bagian tengah yang berlangsung lebih dari 15 menit secara menetap dan terjadi mendadak," kata Dr Anwar saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (6/3/2014).

Selain itu, lanjut Dr Anwar, ada gejala lainnya yang menyertai serangan jantung seperti berkeringat, badan lemah, dan ada juga yang sesak napas. Serangan jantung akut biasanya cepat berlangsungnya," kata Dr Anwar.

Berbeda halnya dengan asma. Menurut Dr Anwar, asma merupakan penyakit yang menahun dengan gejala utama sesak napas yang disertai dengan bunyi ngik ngik.

"Asma terjadi bertahun-tahun yang dipicu oleh hal-hal tertentu seperti asap rokok, makanan tertentu yang bisa menyebabkan alergi,

"Persamaan jantung dan asma yang sesak napas itu," kata Dr Anwar.

Jojon mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Ramsey Premier Jatinegara, Jakarta Timur. Menurut informasi dari sang istri Jojon, Bunda Henny, suaminya meninggal karena serangan jantung. [Baca Juga: Jojon Meninggal karena Serangan Jantung?]

"Telah meninggal dunia pelawak H Djodjon jam 6.10 pagi karena serangan jantung di RS Ramsey Premier Jatinegara," isi pesan tersebut.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyakit jantung merupakan istilah umum dari semua penyakit yang menyerang jantung. Jantung koroner, bawaan, aritmia, gagal, infeksi jantung

    Penyakit Jantung

  • Serangan jantung sering kali disebut juga dengan istilah miokardial infark. Serangan jantung terjadi ketika jantung kehilangan oksigen

    Serangan Jantung

  • Jojon

Video Terkini