Sukses

Kabut Asap di Riau Mulai Membaik

Sejak siang kemarin, di beberapa daerah Riau terjadi hujan cukup lebat dan dampaknya cukup bermakna dan keadaan sudah mulai membaik.

Liputan6.com, Jakarta Sejak siang kemarin, di beberapa daerah Riau terjadi hujan cukup lebat dan dampaknya cukup bermakna dan keadaan sudah mulai membaik.

Begitu disampaikan oleh Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Prof dr Tjandra Yoga Aditama melalui keterangan tertulis ke Liputan6.com, Minggu (16/3/2014).

Tjandra menyampaikan, kondisi terakhir seperti jarak pandang yang tadinya 500 meter, kini sudah menjadi 1500 meter, bahkan di Dumai sudah lebih baik, yaitu 3000 meter.

Selain itu, mesin Indeks Standart Pencemaran Udara (ISPU) yang sudah beberapa hari menunjukkan 500, turun menjadi 200. Begitupun di Dumai sudah sekitar 100.

"Kami dari Kementerian Kesehatan telah mendirikan Posko (selain kegiatan logistik, surveilans dan lainnya selama ini) untuk membantu Pemda di tepi jalan raya bandara ke kota (di kompleks MTQ)," kata Tjandra.

Menurutnya posko ini didirikan dengan tiga konsep, yaitu:

1) Pemeriksaan kesehatan oleh petugas kesehatan KKP Pekanbaru bersama UPT. DitJen P2PL

2)‎ Penyuluhan kesehatan tentang bahan-bahan kesehatan Matra dan Pencegahan atau Pengendalian Penyakit.

3) ‎Pengukuran ISPU secara berkala oleh BTKL (Balai Teknik Kesehatan Lingkungan) bersama UPT DitJen P2PL, sehingga hasilnya bisa terus dilihat untuk mengetahui tren yang ada.

Video Terkini