Sukses

Hati-hati, Permen Karet Juga Sebabkan Diare

Pemanis buatan dapat meningkatkan risiko diare.

Liputan6.com, Jakarta Meski pemanis buatan yang terdapat dalam makanan kemasan masih dalam batas aman, namun ternyata pemanis buatan dapat meningkatkan risiko diare.

Seperti diungkapkan oleh pakar gastroenterologi, Anish Sheth, MD,  bahwa permen karet termasuk dalam daftar mengandung pemanis buatan yang tinggi. Walaupun ada banyak produk tinggi gula lainnya seperti permen, obat batuk, minuman olahraga, jus, dan selai.

"Karena pemanis itu dicerna, ia menarik air ke dalam saluran usus dan dapat menyebabkan diare," kata Anish Sheth, MD, seperti dikutip Menshealth, Minggu (13/4/2014).

Anish sendiri menyarankan Anda untuk memeriksa kembali label bahan dan menghindari produk yang mengandung pemanis buatan agar terhindar dari diare.

Anish menambahkan, diare juga bisa disebabkan oleh luka di bagian ginjal, alergi fruktosa atau laktosa, mengonsumsi makanan asam, pedas, santan secara berlebihan, kelebihan vitamin C atau infeksi bakteri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.