Sukses

Dibetesi Termuda Ditemukan Berusia 25 Tahun

dr Wikan Basworo pernah menangani kasus diabetesi termuda di usia 25 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Kita sering menemui penyandang diabetes berusia 30 tahun ke atas. Namun, di Surakarta, dr Wikan Basworo pernah menangani kasus diabetesi termuda di usia 25 tahun.

Menurut dokter yang aktif dalam mengelola Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) tersebut, saat ini pola hidup masyarakat begitu mengkhawatirkan sebab ia pernah menemui pasien 25 tahun telah mengidap diabetes tipe 2.

"Paling muda saya temui usia 25 tahun. Walaupun rata-rata pasien saya usia 30 tahun, saya kaget juga karena dia masih muda," katanya pada wartawan saat temu media di Media Center BPJS Kesehatan, Jakarta, Jumat (10/10/2014).

Wikan menuturkan, ciri-ciri orang dengan diabetes itu mudah dikenali. Biasanya berbadan gemuk atau obesitas.

"Orang gemuk itu jelas ada kecenderungan diabetes. Maka itu jika pola makannya tidak sehat, ditambah keturunan jadilah dia diabetes," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.

    Diabetes

  • Diabetesi

Video Terkini