Sukses

Cara Cegah Pikun Saat Usia Menanjak

Aktivitas berkebun mampu cegah dan ringankan penyakit demensia alias pikun.

Liputan6.com,London Hampir semua orang ingin hidup hingga lanjut usia dengan kualitas kesehatan yang baik. Untuk bisa mencapai hal tersebut, salah satu caranya dengan berkebun. Hal sepele ini mampu buat masa tua Anda tak pikun alias miliki daya ingat yang baik.

Hal ini disampaikan oleh William Bird seorang dokter ahli yang telah 30 tahun berpengalaman di Reading, Inggris. Menurutnya melakukan aktivitas dengan tanaman hijau memiliki dampak hebat bagi kesehatan.

"Demensia (pikun), diabetes tipe II dan serangan jantung dapat dicegah dan diatasi dengan terapi luar ruangan seperti berkebun," sebutnya.

Untuk demensia, indra tubuh distimulasi dengan sentuhan, harum atau bau, serta suara di taman efektif memberikan terapi pada pasien demensia.

Lalu, risiko kegemukan, serangan jatung, dan diabetes tipe II juga bisa dicegah dan dikurangi dengan berkebun. AKtivitas ini menuntut untuk terus aktif bergerak. Mulai dari jongkok, berdiri, mengangkat beban sehingga badan terus aktif. Bird pun yakin, bahwa cara ini ampuh dan lebih sederhana untuk mengatasi penyakit diatas daripada obat-obatan.

"Sebaiknya masyarakat kota perbanyak beraktivitas di luar ruangan. Berkebun membuat orang-orang terkoneksi kembali ke alam yang dapat membuat perubahan besar bagi kesehatan," terang Bird kepada Daily Mail seperti dilansir Minggu (16/11/2014).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini