Sukses

Gangguan Kesehatan Bila Terpapar Kastuba

Pada beberapa orang kastuba bisa membuat gatal dan alergi.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu tanaman yang banyak menghiasi dekorasi Natal di Indonesia adalah kastuba atau poinsettia (Euphorbia pulcherrima). Selain disebut dengan tanaman Natal, kastuba pun sering disebut dengan godong racun (daun racun). Benarkah tanaman ini beracun?

Namun menurut Mayo Clinic, racun di dalam tanaman ini tak parah. Studi terbaru dari The American Association of Poison Control Centers melaporkan 22.793 kasus keracunan potensial dengan tidak ada korban jiwa dan 92,4% tanpa toksisitas. Biasanya, jika terpapar kastuba hanya akan membuat rasa tidak nyaman.

Dilansir dari dari Mayo Clinic pada Rabu (24/12/2014) ini gangguan yang biasa terjadi usai melakukan kontak dengan tanaman natal ini:

1. Muncul ruam dan gatal

Getah kastuba yang terkena kulit bisa menyebabkan ruam dan gatal pada kulit. Jika hal ini terjadi, segera cuci area kulit yang terpapar dengan sabun dan air. Jika belum reda juga, kompres bagian tersebut dengan air es.

2. Diare

Belum ada bukti ilmiah bahwa tanaman ini baik untuk dikonsumsi saat hamil dan menyusui, bahkan WebMD dengan tegas menyatakan bahwa mengonsumsi ini tidak aman. Namun jika tidak sengaja memakan kastuba biasanya akan sakit perut ringan, muntah dan diare. Lalu usai mengetahui seseorang mengonsumsi tanaman ini segera minta kumur dan bersihkan mulutnya.

3. Iritasi Mata

Jika getah tanaman kastuba mengenai mata bisa mengakibatkan mata merah dan iritasi. Jika ini terjadi segera basuh dengan air.

4. Reaksi alergi

Beberapa orang ada yang alergi dengan tanaman ini, biasanya terjadi pada mereka yang memiliki alergi terhadap lateks. Lateks dan kastuba sama-sama memiliki kandungan protein. Jika reaksi alergi yang dirasakan parah segera cari pertolongan medis.