Sukses

Dukungan Keluarga Bantu Kesembuhan Kusta

Disiplin mengonsumsi obat kunci kesembuhan pasien kusta.

Liputan6.com, Jakarta Kusta bukanlah penyakit baru, konon penyakit ini sudah ada sejak 300 SM. Untungnya penyakit yang disebabka oleh bakteri Mucobacterium leprae ini sudah ada obatnya.

Pengobatan untuk kusta membutuhkan waktu antara enam hingga 12 bulan. Untuk jenis kusta kering (ditandai dengan bercak putih) mengonsumsi dua macam obat 6-9 bulan, sedangkan kusta basah (ditandai dengan bercak merah) mengonsumsi obat selama tiga jenis selama 12 bulan.

Obat harus dikonsumsi secara teratur dalam rentang waktu tersebut. Jika teratur kesembuhan pasien kusta pun akan tercipta.

Untuk mengonsumsi obat dalam rentang waktu lama dan teratur bukanlah hal mudah. Dukungan orang sekitar menjadi poin penting kesembuhan pasien kusta.

"Peran keluarga dan lingkungan sangat besar untuk kesembuhan kusta. Seperti mengingatkan pentingnya penderita kusta untuk minum obat," terang Direktur Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes RI, dr. H.M. Subuh, MPPM di kantor Kemenkes RI, Senin (26/1/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini