Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Ajari Anak Mengenal Penis dan Vagina Sejak Dini

Pada anak usia 3 tahun, sebenarnya anak telah paham gender tanpa diajarkan. Jadi orangtua perlu membantunya untuk memahami anggota tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Pada anak usia 3 tahun, sebenarnya anak telah paham gender tanpa diajarkan. Jadi orangtua perlu membantunya untuk memahami anggota tubuh.

Begitu disampaikan oleh psikolog Seksual Zoya Amirin untuk Sekspedia-Liputan6.com, ditulis Selasa (3/2/2015). Menurutnya, saat usia 3 tahun, orangtua dalam hal ini ayah pada puteranya dan ibu pada puterinya mengenai anatomi tubuh termasuk kelaminnya. 

"Bagaimana cara memberitahu anak? misalnya ketika mengajari ini tangan kanan, ini tangan kiri, ajarkan juga pada mereka untuk mengenal penis dan vagina. Jangan beri nama aneh sesuai budaya Anda agar mudah dipahami secara universal," kata Zoya.

Langkah ini, lanjut Zoya, akan membantu si kecil apabila sesuatu terjadi padanya. "Ketika dia tahu ada yang tidak beres pada alat kelaminnya, maka dia bisa cepat minta tolong dan meminta bantuan. Oleh karena itu mengedukasi anak ini tidak boleh telat," ungkapnya.